Pemodelan 3D Senjata Tradisional Untuk GAMERPG Pengenalan Budaya Indonesia "SI BOLANG" dengan Metode Blueprint dan Seamless Unwrapping Material

Authors

  • Akmal Zakyzain Haqqi UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA
  • Bambang Robiin Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v9i2.20743

Abstract

Game "si Bolang" merupakan game edukasi yang dirancang untuk pengenalan Budaya Indonesia. Senjata tradisional merupakan senjata yang dibangun dengan bentuk yang sama dari generasi ke generasi yang menjadi ciri khas setiap suku daerah. Permasalahan yang diselesaikan dalam penelitian ini adalah belum adanya aset 3D senjata tradisional Indonesia untuk pengembangan game "si Bolang" sehingga dibangun pemodelan 3D yang mendekati bentuk aslinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan objek 3D senjata tradisional Indonesia yang dapat digunakan untuk pengembangan game "si Bolang" dan menghasilkan model 3D yang menyerupai bentuk objek aslinya. Pemodelan 3D senjata tradisional dibuat menggunakan metode Blueprint dan seaemless unwrappingmaterial. Kedua metode ini menggunakan agar mempermudah dalam proses pembuatan model senjata tradisional. Texturing menggunakan metode seamless unwrapping material adalah dengan membuka face model 3D lalu dilanjutkan dengan menerapkan foto asli atau foto referensi sebagai texture. Penelitian ini menghasilkan model 3D senjata tradisional yang diterima oleh tim pengembang game "si Bolang" dan dikatakan mirip oleh ahli multimedia. Pengujian alphamenghasilkan 76% sangat setuju, 24% setuju, 0% kurang setuju, dan 0% tidak setuju. Pengujian ahli multimedia mendapatkan skor 66% sangat mirip, 33% mirip, 0% tidak mirip, dan 0% sangat tidak mirip

Downloads

Published

30-06-2021

Issue

Section

Software Engineering