Implementasi WSM Dalam Menentukan Anime Action Terbaik Berdasarkan Data Statistik

Authors

  • Muhammad Yuda Rizki STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR
  • Agus Perdana Windarto STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v9i3.20565

Keywords:

SPK, ANIME, REKOMENDASI, WSM, STATISTIK,

Abstract

Menonton adalah salah satu aktifitas yang sering dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari mulai dari usia muda sampai yang tua. Tontonan memiliki banyak ragam seperti film, sinetron, kartun, dan lain. Anime adalah salah satu tontonan yang termasuk ke dalam animasi yang berasal dari Jepang. Animasi ini sangat banyak diminati oleh masyarakat dari Indonesia terutama kaum remaja. Penelitian ini membahas tentang implementasi WSM dalam menentukan anime action terbaik berdasarkan data statistikâ€. Data statistik pada penelitian ini bersumber dari salah satu website populer anime yakni  https://myanimelist.net/. Penelitian dilakukan dengan 18 data alternatif dan 5 atribut. Hasil penelitian menunjukkan anime action terbait menggunakan algoritma WSM adalah Shingeki No Kyojin dengan nilai 43037.75. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada masyarakat untuk menonton anime action terbaik sehingga memberikan kesan yang menyena-ngkan

References

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019.

R. N. Sasmi and T. Setiadi, “Sistem Pendukung Keputusan Status Gizi Balita Untuk Membantu Kinerja Puskesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto,†JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 183, Oct. 2019, doi: 10.12928/jstie.v7i3.12389.

S. Solikhun, “Perbandingan Metode Weighted Product Dan Weighted Sum Model Dalam Pemilihan Perguruan Swasta Terbaik Jurusan Komputer,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, p. 70, 2017, doi: 10.20527/klik.v4i1.75.

A. P. Windarto, “Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PTPN III Pematangsiantar Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 84, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.22.

E. Novianto and S. Winiarti, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Seleksi Karyawan Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Web,†JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, p. 155, Jun. 2019, doi: 10.12928/jstie.v7i2.15826.

S. D. Nasution, A. P. Utama, and Tetap, “Penerapan Weighted Sum Model ( Wsm ) Dalam Penentuan Peserta Jaminan,†J. Ris. Sist. Inf. Dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 40–47, 2017.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018.

E. B. Saputro and A. H. S. Jones, “Sistem Pengambilan Keputusan Penentuan Pemasok Obat Pada Apotek Al Fayadh Farma Yogyakarta dengan Metode Topsis,†JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, p. 93, Oct. 2020, doi: 10.12928/jstie.v8i3.17702.

A. G. F. Simanjuntak, D. Hartama, and I. O. Kirana, “Penerapan SPK Dengan WSM Untuk Menentukan Faktor Rendahnya Minat Beternak Ayam Broiler,†Semin. Nas. Teknol. Inf. 2018, pp. 286–290, 2018.

A. J. Putra, L. A. Abdillah, and H. Yudiastuti, “Penentuan Sekolah Dasar Negeri Terbaik Kota Palembang Dengan Metode Weighted Sum Model ( WSM ) Dan Weighted Product Model ( WPM ) Menggunakan Visual Basic . Net 2015,†Sentikom2016, no. September, pp. 1–6, 2016.

Downloads

Published

30-10-2021

Issue

Section

Software Engineering