Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Penggambaran Ekosistem Hewan Darat Untuk Anak Tunarungu

Authors

  • Setiawan Panjirai Universitas Ahmad Dahlan
  • Bambang Robiin Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v9i2.19466

Keywords:

Augmented Reality, Marker base tracking, Ekosistem hewan darat, Tunarungu

Abstract

Tunarungu merupakan orang yang mengalami gangguan dengar sehingga kadang mengalami kesulitan dalam belajar dan membutuhkan cara khusus dan biasanya menempuh pendidikan pada sekolah luar biasa bagian B (SLBB). Guru kesulitan dalam menyampaikan pelajaran karena anak tunarungu memiliki keterbatasan dalam kosakata dan bahasa dalam berkomunikasi. Siswa kelas 6 SLB B Karnnamanohara kesulitan dalam mengenal ekosistem hewan yang ada di Indonesia. Guru juga kesulitan dalam mengajar karena dalam proses mengajar hanya menggunakan papan dan kapur. Anak-anak tersebut membutuhkan media belajar yang menarik sesuai dengan karakteristik mereka. Penelitian ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dengan metode Marker Base Tracking berbasis android karena teknologi AR dapat menggabungkan objek digital dan lingkungan dunia nyata. Pemilihan metode Marker Base Tracking karena metode ini dapat dimanfaatkan sebagai alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi mobile penggambaran ekosistem hewan darat untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran. Pemanfaatan alat peraga berbasis teknologi AR sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi AR memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat menggugah minat peserta didik untuk memahami secara konkret mengenai materi yang disampaikan melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi pengguna dalam frame AR.

Subjek pada penelitian ini adalah aplikasi penggambaran ekosistem hewan darat untuk anak-anak gangguan dengar menggunakan teknologi AR. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan studi pustaka. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan antarmuka, perancangan kartu marker, perancangan model 3D, development, implementasi dan pengujian. Penelitian ini melibatkan sebanyak sepuluh responden yaitu guru sekolah SLB Karnnamanohara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor pengujian SUS aplikasi AR sebagai media pembelajaran penggambaran ekosistem hewan darat untuk anak tunarungu adalah sebesar 71 yang berarti bahwa aplikasi AR yang dikembangkan memiliki usability yang excellent sehingga bisa diterima dengan baik nantinya oleh para pengguna.

Author Biography

Bambang Robiin, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

References

Alfian. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity untuk INDONESIAN EDUCATIONAL STUDIES ( IJES ). 21(1), 123–131.

Apriyani, M. E., & Gustianto, R. (2016). Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker. JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 7(1), 47. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i1.29

Efendi, Y., Wira, T., & Khoirunnisa, E. (2016). Penerapan Teknologi Ar (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Energi Angin Kelas Iv Sd Di Rumah Pintar Al-Barokah. Studia Informatika, 9(1), 29–47.

Harun, M., & Miratul, K. M. (2018). Aplikasi Pengenalan Hewan Lindung Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking. 1(1), 34–43.

Liuw, Y. (2015). Perlindungan Hukum Terhadap Hewan Lindung Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990. Lex Crimen, IV(3), 24–29.

Mulyatiningsih, E. (2016). Dra. Endang Mulyatiningsih, M.Pd. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/dosen/dra-endang-mulyatiningsih-mpd

Putri, N. D., Anra, H., & Perwitasari, A. (2019). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Barang Sejarah pada Istana Kadriah Kota Pontianak.

Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(1), 7. https://doi.org/10.26418/justin.v7i1.27185

Rahayu, F. N. (2019). Naskah Publikasi PROYEK TUGAS AKHIR IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID.

Robi’in, B., & Tyas, Z. A. (2018). Desain Aplikasi Mobile Panduan Sholat Dan Doa Untuk Anak Gangguan Pendengaran. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(3), 290. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i3.366.290-297

Saintifik, P. P., & Widodo, A. (2015). No Title.

Wahidin, R. (2019). Aplikasi Pengenalan Rumah Adat. 3(1), 263–268.

Downloads

Published

30-06-2021

Issue

Section

Software Engineering