Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360 Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan

Authors

  • Yogi Anggara Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Guntur Maulana Zamroni Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.19045

Keywords:

Gambar panorama 360, Gedung Perkuliahan Kampus 4 UAD, Virtual Tour

Abstract

Mahasiswa UAD setiap tahun semakin bertambah saat ini UAD memiliki 25.239 mahasiswa dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara, serta Keadaan di luar prediksi berupa wabah penyakit covid-19 telah membawa perubahan yang mendesak pada sektor pendidikan. Informasi terkait UAD banyak dicari oleh mahasiswa baru dan masyarakat umum namun informasi yang dapat diakses masih sangat sedikit terutama informasi yang sudah dalam bentuk visual.

Pengembangan Virtual Tour ini menggunakan metode gambar panorama 360. Gambar panorama 360 adalah beberapa gambar yang digabungkan untuk mendapatkan gambar yang lebih luas dan lebih detail. Pengembangan perangkat lunak pada Virtual Tour ini menggunakan metode Waterfall.

Hasil penelitian ini berupa aplikasi Virtual Tour sebagai media pengenalan gedung perkuliahan kampus 4 UAD. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Black Box didapat persentase kelayakan 100 % dapat disimpulkan bahwa aplikasi layak untuk digunakan dan hasil pengujian dengan SUS didapat skore SUS 88.775 dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik serta mudah digunakan oleh pengguna.

Kata kunci: Gambar panorama 360, Gedung Perkuliahan Kampus 4 UAD, Virtual Tour

References

Adityo, A. (2017). Pembuatan Virtual Reality Tour dengan Metode Gambar Panorama untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin TUGAS. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. Retrieved from http://www.albayan.ae

Febrian, J. (2002). Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi.

Hofstetter, F. T. (1949). Multimedia Literacy. David Kendric Brake.

Liputan6.com. (2020). Enam Kebijakan Kemendikbud dalam Masa Darurat Covid-19. Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/4227701/enam-kebijakan-kemendikbud-dalam-masa-darurat-covid-19

merdeka.com. (2020). Data Terkini Jumlah Korban Virus Corona di Indonesia. Retrieved from https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-jumlah-korban-virus-corona-di-indonesia.html

Putro, H. T. (2015). Kajian Virtual Reality Makalah Studi Mandiri Kajian Virtual Reality Program Studi Teknik Arsitektur dan Perencanaan Oleh Pembimbing : Ir . Jatmika Adi Suryabrata ., MSc ., Ph . D . (January).

Tabrani, M., & Pudjiarti, E. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori Pt. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, 1.

Trieddiantoro Putro, H. (2015). Kajian Virtual Reality. Kajian Virtual Reality.

Uad.ac.id. (2019). Mahasiswa UAD. Retrieved from https://uad.ac.id/en/#students

Yuda Pramana, G. (2019). Penerapan metode image stitching pada pembuatan virtual reality pengenalan islamic center universitas ahmad dahlan. xx, 1–8.

Yulianto, D. A. (2012). Pemodelan Virtual Reality Sebagai Media Promosi Digital.

Downloads

Published

28-02-2021

Issue

Section

Software Engineering