Media Pembelajaran Aksara Sumbawa Berbasis Multimedia Pada Pelajaran Muatan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15809Keywords:
Multimedia, Media Pembelajaran, Aksara SumbawaAbstract
Muatan Lokal adalah mata pelajaran yang berisikan materi tentang aksara Sumbawa. Siswa membutuhkan ketekukan dalam mengenal dan menulis untuk dapat memahami materi pelajaran tersebut. Terdapat siswa yang tidak mengikuti arahan guru pada proses belajar di kelas. Hal ini berdampak pada penyerapan materi pelajaran yang tidak optimal.Hal ini berdampak pada rendahnya nilai rata-rata ulangan harian yang didapatkan oleh Kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbawa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran tentang aksara Sumbawa serta meningkatkan nilai rata-rata kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbawa pada mata pelajaran Muatan Lokal. Subyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran aksara Sumbawa untuk kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbawa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan pengumpulan data terkait topik penelitian melalui studi pustaka, wawancara dan observasi. Metode pengamatan yang dilakukan dengan cara observasi langsung ke objek penelitian adalah cara siswa belajar, bagaimana guru mengajar dan nilai tes siswa. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan (pengguna dan sistem), konsep desain (skenario pembelajaran kelas, skenario pembelajaran berbasis ICT), perancangan system (menu, diagram navigasi, storyboard), implementasi sistem dan pengujian sistem. Pengujian system menggunakan uji T-test oleh 40 orang siswa kelas VII. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pengujian dalam peningkatan nilai yang di dapatkan sebelum dan sesudah dilakukan uji coba. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran aksara Sumbawa memiliki pengaruh terhadap peningkatan nilai rata-rata yang di dapatkan oleh siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbawa.References
aplikasibidangpendidikan. 2011. CAI (Computer Assisted Instruction). http://aplikasibidangpendidikan.wordpress.com/2011/06/14/cai-computer-assisted-instruction/. Senin 27 Juni 2016.
Wahyudi. 2016. Aplikasi Pembelajaran Aksara Satera Jontal Berbasis Android. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika STMIK Akakom, Yogyakarta.
Khusnul Lutfi Marfuatun Nafi.2011.Media Pembelajran Aksara Jawa Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
HM, A Hijaz., BA, Abdul Gani dan Hasanuddin. 2002. Satera Jontal (Pengenalan dan Penulisannya). Sumbawa : Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.