Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman)
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v7i1.15802Keywords:
Multimedia, Interaktif, Hidrolisis Garam, Adobeflash CS3Abstract
Perkembangan teknologi dalam pembelajaran berkembang cukup pesat. Manfaat teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan seperti elektronik edukasi atau pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan komputer serta software-software digital lainnya. Multimedia pembelajaran yang akhir-akhir ini sangat banyak digunakan oleh guru atau siswa dalam proses belajar mengajar seperti multimedia interaktif pada materi hidrolisis garam. Multimedia interaktif merupakan pola komunikasi dua arah antara komputer dengan siswa atau siswa dengan komputer (interaktif). Program ini dikembangkan dengan metode siklus pengembangan sistem seperti merancang konsep, analisis struktural, desain sistem, pembuat produk, testing, sistem dan memilihara sistem. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobeflash CS3 software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamis. Penelitian ini diuji dengan menggunakan blackbox test dan alpha test yang hasilnya menunjukan 89% dengan kategori sangat baik untuk alpha text yang diuji oleh siswa dimana pengguna dapat memilih menu berupa menu pendahuluan, menu materi ,evaluasi dan petunjuk. Blackbox test yang hasilnya menunjukan 88.9 % dengan kategori sangat baik yang diuji oleh ahli media selaku guru kimia. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa program yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kimia dengan topik khusus materi hidrolisis garam untuk SMA Negri I Ngaglik Sleman kelas XI.References
. Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
. Anwar, S. 2010. Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif Kimia SMA Berbasis Intertekstualitas Ilmu Kimia Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 15 No 1, hlm. 51.
. Anwar, S., Sonjaya, Y, Wijaya. 2011. Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif Kimia SMA Berbasis Intertekstualitas Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 16 No 2, hlm. 122-127.
. Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
. Ditama, V., Saputro, S., Catur, N. A. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. (JPK), Vol. 4 No. 2, hlm. 24.
. Eliza, F. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Kuliah Gambar Listrik Yang Menggunakan Autocad Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Ft Unp. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6 No. 2. ISSN 2086 – 4981, hlm. 67.Fauzi, T. M. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Bilingual Learning Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Sebagai Sumber Belajar Kimia Pada Materi Pokok Asam dan Basa (Skripsi). UIN Sunan Kalijaga, hlm. 8-9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.