Pengembangan User Experience (UX) dan User Interface (UI) Aplikasi Ibeauty Berbasis Android

Authors

  • Anang Purnomo Universitas Ahmad Dahlan
  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v6i3.15251

Keywords:

Salon, Bisnis Salon Kecantikan, User Experience, User Interface

Abstract

Bisnis salon mulai berkembang di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingginya animo masyarakat akan gaya hidup dan pentingnya penampilan. Semakin banyaknya salon kecantikan dan spa akan memacu pengusaha salon dan spa untuk meningkatkan mutu dan pelayanan. Pada umunya salon kecantikan belum memiliki aplikasi pemesanan layanan paket perawatan kecantikan. Salah satu aplikasi salon berbasis mobile memiliki beberapa kelebihan yaitu untuk melakukan pemesanan user tidak terlalu kesulitan dikarenakan iSalon mempunyai tampilan yang sederhana. Dari hasil analisis aplikasi mobile yang ada untuk menu perawatan tidak dipisahkan antar kategori. Di dalam melakukan pemesanan kurang efektif, dikarenakan untuk melakukan pemesanan diperlukan beberapa langkah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuat perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi iBeauty yang bertujuan nantinya dapat menjadi acuan programmer dalam mengimplementasikan menjadi sebuah aplikasi yang real. Langkah awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi yang kemudian dilakukan analisa data, deskripsi kebutuhan user dan kebutuhan sistem, dan pembuatan diagram aliran data. Tahap selanjutnya adalah perancangan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi iBeauty dan melakukan pengujian usability mengunakan metode Post Study (SUS) dan Post Task (SEQ) dengan efektivitas dan efisiensi. Berdasarkan hasil pengukuran desain User Experience dan User Interface aplikasi iBeauty yang dikembangkan sesuai dengan pengujian usability terbukti membantu dalam proses pengembangan dengan hasil pengukuran tingkat keberhasilan pengguna sebesar 100%, pengukuran kemudahan pengguna dengan nilai rata-rata skor SEQ 6,7 (mudah) dan pengukuran kepuasan pengguna dengan nilai rata – rata SUS responden anggota 86,67 (Acceptable).

Author Biographies

Anang Purnomo, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

Ardiansyah Ardiansyah, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

References

Andi. 2006. Aplikasi Mobile Commerce Menggunakan PHP Dan MYSQL. Yogyakarta.Safaat H, Nazruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Bandung : Informatika.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Prenhalindo, Jakarta.

Sarna, David E.Y. 2010. Implementing and Developing Cloud Computing Applications. New York : CRC Press.

Firzanah, A., & Wirawan, S. 2008. Pembuatan Aplikasi Salon Venus Dengan Menggunakan Visual Studio &Mysql. Jurnal Eproc, 1(4), 103-115

Muntohar, T. Y., & Saputra, E. H. (2014). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Manajemen Salon Dan Spa Berbasis Web. Jurnal Eproc, 1(5), 109–119.

Berahmana, S., Paulina, D., Times, A., & Roman, N. (2013). †Nyalon Yukk †Aplikasi Informasi Salon Kecantikan berbasis Android. Jurnal Eproc, 2(1), 87–94.

Garret, James. 2011. The Elements Of User Experience : User-Centered Design For The Web And Beyond. Ed-2 New Riders Publishing, United State Of America.

Ariyus, Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta : Andi Publiser.

Nielsen j. 2012. Usability 101 : introduction to usability. Available at : http://www.ningroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ [5 Desember 2016]

Sommerville, Ian , 2007, Software Engineering – Eight Edition, Addison Wesley, Massachussets.

Sauro, J., & Lewis, J. R. (2012). Quantifying the user experience: Practical statistics for user research. Burlington, MA: Morgan Kaufmann.

Downloads

Published

01-11-2018

Issue

Section

Articles