Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Matematika “Bilangan Acak†untuk Kelas 1 Semester 2 di SDIT Luqman Al-Hakim Timoho Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v6i2.15246Keywords:
Bilangan Acak, Matematika, Media Pembelajaran, Multimedia, PerkembanganAbstract
Materi Bilangan Acak bagi sebagian siswa susah untuk dipahami. Berdasarkan observasi yang diperoleh dari 30 siswa di SD IT Timoho Yogyakarta masih terdapat 25% siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75 yang merupakan standar nilai KKM, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari matematika khususnya bilangan acak, dimana siswa perlu memahami urutan bilangan, kesalahan lainnya adalah kurang teliti. Perkembangan teknologi saat ini, menuntut para pendidik untuk memanfaatkan dalam meningkatkan daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran matematika, khususnya bilangan acak. Untuk itu perlu dibangun aplikasi media pembelajaran matematika khusunya bilangan acak agar dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri, mempermudah guru dalam penyampaian materi dan mempermudah orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dirumah. Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis kebutuhan (pengguna dan sistem), perancangan konsep (skenario pembelajaran di kelas, skenario pembelajaran berbasis ICT), storybord, implementasi dan pengujian sistem. Pengujian sistem menggunakan dua tahap pengujian yaitu Blackbox test dan Alpha test. Pengujian blackbox test yang diujicoba oleh guru dalam penyampaian materi dengan presentase 100%. Sedangkan pengujian Alpha test yang diuji coba oleh 30 siswa presentase hasil pengujian dengan kategori sangat setuju 47%, setuju 49.6%, kurang setuju 3.3% dan tidak setuju 0%. Jumlah presentase paling banyak menyatakan setuju untuk digunakan sebagai alat bantu proses pembelajaran siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran matematika “bilangan acak†layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.References
Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Istiyarto, Dudy., Probosari, Riezky Maya., 2009. Macromedia Flash dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2008/2009. Semarang : Jurusan Biologi FKIP UNS
Hartanto, Agus., 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok dengan Aplikasi Multimedia Interaktif di SD Negeri Teguhan Sragen. Sragen : FTI UNSA
Agung Dwi Hariyanto dan Wahyu Pujiyono. 2013. “Perancangan dan Implementasi Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan untuk sekolah dasar kelas 2â€. Yogyakarta : Program Studi Teknik Informatika UAD. Vol. 1, No.1
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.