Pengembangan Aplikasi LBS Untuk Layanan Informasi Jalan Rawan Kecelakaan di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v6i2.15244Keywords:
Informasi Jalan Rawan Kecelakaan, LBS, AndroidAbstract
Daerah Istimewa Yogyakarta sangat terkenal akan wisata budayanya yang memiliki nilai-nilai historis dan aspek kehidupan masyarakat yang ramah. Banyak pelajar dari dalam maupun luar negeri yang melanjutkan studinya di kota ini sehinnga menimbulkan kepemilikan kendaraan pribadi yang cukup tinggi dan berdampak kemacetan yang begitu tinggi . Nampaknya hal ini menjadi masalah yang serius manakala pembangunan infrastruktur di Yogyakarta tidak sepadan dengan peningkatan kendaraan. akibatnya kepemilikan kendaraan pribadi yang semakin padat sehingga memicu peningkatan angka kecelakaan yang tinggi, Tingkat kecelakaan lalu lintas dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2014 mencapai 3.199 kasus sedangkan pada tahun 2015 meningkat sebanyak 3.922 kasus. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan membangun aplikasi Jalan Rawan Kecelakaan di kota Yogyakarta. Pada penelitian ini digunakan teknologi Location Base Service (LBS) guna mempermudah pencarian jalur rawan kecelakaan baik yang berada disekitar pengguna maupun seluruh jalan rawan kecelakaan yang ada di Yogyakarta, Penelitian ini diuji menggunakan analisis Black Box Testing dan Post Study untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability sistem terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan pihak kepolisian. Hasil dari aplikasi yang di bangun berupa informasi posisi titik-titik jalan rawan kecelakaan yang ada di DIY, deskripsi jalan rawan dengan tingkat level kecelakaan. Serta informasi lokasilokasi kantor polisi dan rumah sakit terdekat dari posisi keberadaan penggunaReferences
.....,1993b, Peraturan Perundang-undangan No. 43 Tahun 1993 tentang Prasarana Jalan Raya dan Lalulintas, Pemerintah Republik Indonesia, Jakarta.
Adi, Candra Putra. 2013. Belajar Pemprograman Android Dengan Android Studio STIMIK YPP, Prabumulih
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2004. Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas, Pedoman Konstruksi dan Bangunan Pd T- 09-2004-B.Jakarta: Departemen Permukiman danPrasarana Wilayah.
Dewanti, M.S., 1996. Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Yogyakarta, Media Teknik No.3 Tahun XVIII, Yogyakarta : UGM,
Hariyanto, Bambang. 2004 Sistem Manajemen Basis Data Pemodelan, Perancangan, dan Terapannya. Bandung: Informatika
Kusuma, W. R. Any K. Yapie dan Eriza Siti Mulyani. 2013. Aplikasi Location Based Service (LBS) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Berbasis Android. Jakarta : Universitas Gunadarma.
Shalahuddinm, M. Dan Rosa A.S. 2010. Modul Pembelajaran Pemprograman Berorientasi Objek dengan Bahasa Pemprograman C++, PHP dan JAVA.Bandung:Informatika
Stefan Steiniger, Moritz Neun and Alistair Edwardes. 2005. Foundations of Location Based Services
Nugroho, A. A. 2010. Pemetaan Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Gunung Kidul Menggunakan Aplikasi Google Maps Berbasis Web. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.
Novialifah, R. W. Anna Fahrizah, dan Arif Basofi. 2015. Sistem Informasi Untuk Data Kecelakaan Berbasis Mobile. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.
Pemerintah Republik Indonesia.(2009)Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan dan Jalan, Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta.
Prasetya, F. A. 2012. Sistem Informasi Daerah Rawan Kecelakaan di Kota Yogyakarta Berbasis Web. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.
Triwanto, Erwin. 2015. Angka Kasus Kecelakaan Dua Tahun Terakhir di Kota Yogyakarta. Okezone, 30 Desember 2015.
Ulya, Muhammad., Sawitri Subiyanto., dan Andri Suprayogi. 2013. Visualisasi Hasil Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan Berbasis Sistem Informasi Geografis dengan Tampilan Flash. Semarang : Universitas Diponegoro.
Virrantaus, K., Markkula, J., Garmash, A., Terziyan, Y.V. (2001). Developing GIS Supported Location-Based Services. In :Proc. Of WGIS –First International Workshopon Web Geographical Information System. Japan
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.