Pengukuran Tingkat Kesuksesan Sistem Informasi Apotek Rumah Sakit Pura Raharja Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean

Authors

  • Muh Thoyib Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Handayaningsih Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15183

Keywords:

Apotek, Delone dan Mclean, Kesuksesan sistem, RS Pura Raharja

Abstract

Perkembangan teknologi, tuntutan pekerjaan yang semakin meningkat, bertambahnya jumlah data yang harus diolah, keterbatasan waktu dan tenaga, tingkat keakuratan dan demi meningkatnya suatu kualitas kerja, hal-hal tersebut yang mendorong manusia untuk menciptakan peralatan yang dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka. Sebuah sistem informasi digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan ataupun pekerjaan dalam bidang apotek disebut sistem informasi apotek. Sistem informasi apotek haruslah lengkap dan efisien karena ini akan menyangkut pada pelayanan terhadap pasien. Dengan harapan hasil pengukuran tingkat kesuksesan sistem ini dapat dipakai mengevaluasi keberhasilan sistem dan dapat menghasilkan rekomendasi kepada Apotek RS Pura Raharja. Menurut DeLone dan McLean (1992) dalam menentukan kesuksesan sistem informasi mencakup 6 elemen. Enam elemen tersebut menjadi dasar penelitian ini yaitu pembuatan kuisioner berdasarkan ke 6 elemen Delone dan McLean dimana kuisioner akan di Uji Validitas dan Reliabilitas. Setelah dilakukan penyeaaran kuisioner maka akan dihitung hasil pengolahan data dengan menggunakan pembagian kriteria berdasarkan Standar Deviasi. Hasil analisis olah data akan dijadikan bahan untuk membuat rekomendasi kepada pihak menejemen RS Pura Raharja. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah Rekomendasi terhadap Sistem Informasi Apotek yang mampu melayani pasien dengan baik dan efisien agar mampu meningkatkan mutu Rumah Sakit Pura Raharja. Hasil pengukuran kualitas sistem tingkat kesuksesan baru 10,00% sangat baik. Hal ini perlu ditingkatkan lagi karena kualitas sistem sangat berhubungan dengan kualitas informasi sehingga kualitas informasi tingkat kesuksesan sangat baik baru 16,67%. Sedangkan pengguna akan berhubungan dengan kepuasan pemakai. Dari hasil penelitian pengguna tingkat kepuasan sangat baik baru 20,00%. Kepuasan pemakai merupakan keseluruhan evaluasi dari pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem informasi dan dampak potensial dari sistem informasi. Hasil penelitian dapat digunakan masukan atau rujukan untuk peningkatan sistem informasi di apotik Rumah Sakit Pura Raharja, Bangeran, Bumirejo, Lendah, kulon Progo yang sudah dipersiapkan secara matang tentang sistem informasinya.

Author Biographies

Muh Thoyib, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

Sri Handayaningsih, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

References

Jogiyanto HM, 2007, Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi, Yogyakarta: Andi.

Winarno, Wing Wahyu. 2004, Sistem Informasi Menejemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Jogiyanto HM, 2008, Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2012, Statistika Untuk Penelitian, Yogyakarta:Alfabeta.

Widaryanti, 2008, Kesuksesan Sistem Informasi Pada E-Commerce.

Bogadenta, Aryo. 2012, Menejemen Pengelolaan Apotek, Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

06-01-2020

Issue

Section

Articles