Visualisasi 3 Dimensi Perumahan Sebagai Media Informasi Pemasaran (Studi Kasus Griya Taman Srago Klaten)

Authors

  • Thoat Khoirudin Universitas Ahmad Dahlan
  • Murinto Murinto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15177

Keywords:

Autodesk Maya, Grafika komputer, Pipeline, Rumah, Visualisasi 3D

Abstract

Strategi pemasaran dalam memasarkan perumahan merupakan hal sangat penting untuk menarik calon pembeli. Salah satu strateginya yaitu adalah pengelompokan perumahan kedalam berbagai tipe dan jenis rumah disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Informasi yang diberikan masih membingungkan bagi calon pembeli karena hanya diberikan tampilan berupa 2 dimensi saja. Media penyampaian informasi pemasaran saat ini belum cukup memberikan gambaran produk atau properti bagi konsumen/masyarakat.Tujuan dari penelitian ini agar konsumen atau calon pembeli mendapatkan informasi mengenai produk rumah. Obyek penelitian adalah pembuatan visualisasi 3D mengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan wawancara. Dengan menerapkan beberapa ilmu grafika komputer serta kemudian perancangan dan pembuatan visualisasi 3D menggunakan metode pipeline yaitu perancangan sistem: pengembangan dan pra produksi selanjutnya implementasi sistem: peoduksi dan pasca produksi lalu kamudian pengujian sistem. Hal akhir yang ingin dicapai sesuai dengan hasil pengujian terhadap responden(calon pembeli) yaitu diperoleh persentasi hasil adalah 60% Sangat Setuju , 41,666% Setuju, dan 1,666% Kurang Setuju dari hasil pengujian tersebut didapat kesimpulanbahwa visualisasi 3D perumahan sebagai media informasi pemasaran yang dibuat ini dapat sistem visualisasi 3D bangunan perumahan dapat membantu memberi informasi mengenai gambaran produk kepada calon pembeli di Griya Taman Srago.

Author Biographies

Thoat Khoirudin, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

Murinto Murinto, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

References

Angel .E. (2012). Interactive Computer Graphics : a top-down approach with shader-based OpenGL. s.l. : Pearson.

Anugerah .W. (2014).Implementasi Augmented Reality Pada Pemasaran Rumah Bogor Nirwana Residence Menggunakan Blender dan OpenSpace3D.Skripsi : Ilmu Komputer Univeristas Gunadarma. Depok.

Binanto .I. (2010).Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta :Andi.

Derakhshani.D.(2013). Introducing Autodesk Maya 2014. s.l. : Sybex.

Hanif .M.I. (2012).Visualisasi Struktur Bangunan Rumah Tahan Gempa Berbasis 3D.skripsi: Fakultas teknologi Industri Universitas Ahmad dahlan. Yogyakarta.

Listy .I. (2015).Visualisasi Senam Otak Untuk Anak Kesulitan Belajar Akibat Penurunan Daya Konsentrasi Menggunkan Animasi 3 Dimensi. Skripsi: Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Maryati.S, Purnama B.E. (2013).Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Komputer Multimedia.Jurnal speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.(Vol 5 No 1).

Palamar .T. ( 2013). Mastering Autodesk Maya 2014. s.l. : Sybex.

Rosch.(1996). Easy Way To Understand The Multimedia. Bostom: Allyn and Bacom.

Saputra .Y. (2015).Visualisasi 3 dimensi gedung hotel rosalia indah sebagai media informasi menggunakan teknologi virtual reality. Skripsi: Fakultas Teknologi Industri Universitasn Ahmad Dahlan. Yogyakarata.

Downloads

Published

06-01-2020

Issue

Section

Articles