Perancangan Aplikasi Android Sebagai Sarana Periklanan Menggunakan Qr Code

Authors

  • Shidik Shidik Universitas Ahmad Dahlan
  • Herman Yuliansyah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v6i1.15176

Keywords:

Aplikasi, Android, Iklan, User Experince, User Interface, Qr Code

Abstract

Periklanan ditujukan untuk mempengaruhi sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Tujuan ini bermuara pada upaya mempengaruhi prilaku dan mendorong keinginan konsumen melakukan pembelian. Iklan yang dilakukan dapat menggunakan berbagai macam media, mulai media dari penyebaran brosur, pemasangan iklan di media elektronik seperti radio, televisi dan lain-lain. Untuk pemasangan iklan di media elektronik contohnya iklan di televisi tentunya membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan pemasangan iklan di media cetak seperti surat kabar, brosur dan lain – lain. Selain itu iklan mempunyai batas waktu penayangan, semakin lama waktu penayangan maka semakin besar anggaran yang akan dikeluarkan. Untuk melakukan iklan di media cetak seperti brosur, iklan hanya dapat dilihat dalam beberapa waktu tertentu, karena brosur yang disebar terbuat dari kertas yang akan hancur apabila terkena air dan terbakar. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data dengan metode studi pustaka, dan observasi. Perancangan aplikasi android yang mencakup identifikasi masalah, analisis kebutuhan sistem, teknologi qr code, perancangan user experience, perancangan user interface, dan pengujian dilakukan dengan metode post study (SUS) dan post task (SEQ). Berdasarkan penilitian yang dilakukan, maka dihasilkan sebuah rancangan aplikasi android sebagai sarana periklanan menggunakan qr code. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi dapat diterima (acceptable) dan rata-rata task yang dilakukan saat diuji adalah sangat mudah

Author Biographies

Shidik Shidik, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

Herman Yuliansyah, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Informatika

References

Riyanto Bedjo. 2000. Iklan Surat Kabar dan Perubahan Masyarakat di Jawa Masa Kolonial (1870 – 1915). Yogyakarta. Tarawang.

H, Nazruddin Safaat. 2014. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc Berbasi Android. Informatika. Bandung.

Prihanto, Agus, dan Fratianto. 2014. Pengembangan Aplikasi Terpadu Untuk Meningkatkan Layanan dan Akses Mahasiswa Terhadap Ruang Baca dengan Qr Code. (03): 1-8.

Habibi, Gulit, Sugeng Purwanto ESGS, dan Memen Akbar. 2012. Smartposter Aplikasi Pemesanan Tiket Nonton Bioskop Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika(1): 1-6.

Frisca, R. Puspitasari, S. T. Setyady, Y. Sari, dan Sani M. Isa. 2011. Analisis Efektivitas Pemasangan Iklan pada Aplikasi Mobile dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Journal of Information System(7):42-45.

Wahyutama, Febriana, Febriliyan Samopa dan Hatma Suryotrisongko. 2013. Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko ABC Surabaya. Jurnal Teknik POMITS(2):481-486.

Downloads

Published

06-01-2020

Issue

Section

Articles