PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHSAN KPK DAN FPB BERBASIS MUTLIMEDIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DI SD IT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12371Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting dalam kehidupan. Mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Berdasarkan observasi yang diperoleh dari 20 siswa terlihat bahwa jumlah presentase 25% siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari matematika khususnya materi kpk dan fpb, dimana siswa perlu mengulang kembali proses pembagian terlebih dahulu, subjek tidak menguasai konsep kelipatan, konsep factor dan penyebab kesalahan lainnya adalah kurang teliti. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, menuntut para pendidik untuk dapat memanfaatkannya dalam meningkatkan daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran, khususnya matematika. Untuk itu perlu dibangun aplikasi media pembelajaran matematika khusunya kpk dan fpb agar dapat digunakan siswa sebagai sarana belajar dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi.
Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan proyek, uji coba dan implementasi.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran matematika pada pokok bahasan kpk dan fpb berbasis multimedia layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Sasono Wibowo. (2012). Media Pembelajaran persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat mata pelajaran matematika kelas X. Semarang: Program Studi Sistem Infomasi, Fakultas Ilmu Komputer, Unviersitas Dian Nuswantoro.
Agus Hartanto. (2013). Aplikasi Pembelajaran matematika materi bangun ruang balok dengan aplikasi multimedia interaktif di SD Teguhan Sragen.
Dedi Nugroho. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Pelajaran Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia. Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Afriki, dkk. (2014). Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Jakarta:Kementrian dan Kebudayaan.
Vaughan, T. 2004. Multimedia: Making It Work. Edisi ke-6. New York: McGraw- Hill Companies.
M. Suyanto. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Hannah et al. 2012. Multimedia Pembelajaran Seni Musik Berbasis Teknologi Informasi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta
Choirin Nisak (2011). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dalam Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Metode Simulasi pada kelas IV SDN Sisir 05 Batu (Skripsi) . Malang: UMM
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.