MEDIA PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10820Abstract
Renang adalah olahraga yang menyenangkan serta bermanfaat bagi perkembangan tubuh baik otot-otot tubuh maupun kekuatan jantung dan paru. Selain itu renang merupakan kemampuan untuk penyelamatan darurat di dalam air bagi seseorang. Pada proses pembelajaran renang, keberhasilan penguasaan keterampilan ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor diri siswa didik, faktor pengajar, faktor sarana prasarana, faktor lingkungan, dan faktor strategi pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan multimedia pembelajaran renang sebagai alat peraga renang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan suatu metode belajar dengan tujuan meningakatkan minat dan pemahaman siswa dalam materi renang, sehingga dapat menunjang pembelajaran renang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo yang dikemukakan oleh Sutopo (2003). Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan sistem ini berdasarkan metodologi tersebut diantaranya adalah : 1) concept, 2) Design, 3) Material Collecting, 4) Assembly, 5) Testing, 6) Distribution.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat memvisualisasikan gerakan renang gaya bebas, serta memvisualisasikan teknik meluncur yang baik dan benar berupa animasi dan video. Hasil pengujian sistem dengan metode Black Box Test terhadap fungsi aplikasi diperoleh hasil lulus dan metode Alpha Test terhadap 20 responden dengan presentase 81% menyatakan setuju dan dapat dipergunakan.
Kata kunci : Media pembelajaran, Penjasorkes, RenangReferences
Bandi Bandi, U. 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ikhsan, J. 2011. Penggunaan Alat Dan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Kelas V SD N Babakan Hurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanto, E. 2011. Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Renang. Jurusan Pendidikan Olahraga, FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Istiana, A. 2010. Pembelajaran Gerakan Renang Untuk Mata Pelajaran Penjaskes Berbasis Multimedia Untuk Tingkat SD. Amikom, Yogyakarta.
Susanto, E. 2011. Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Renang. Jurusan Pendidikan Olahraga, FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Erlina. 2012. Melalui Metode Visualisasi Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Way Halom Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus Tahun 2011/2012. Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Sismadiyanto.,Susanto, E. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
Rahayu, N. 2013. Desain Multimedia. Malang: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia.
Sutopo, A. H. 2003, Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.