PENERAPAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) CV.GALERY ART BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SUGARCRM

Authors

  • Ferdi Nur Praptomo
  • Ali Tarmuji

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10804

Abstract

CV. Galery art menyediakan bermacam-macam jenis mebel, kusen dan joglo. CV. Galery art memliki banyak customer yang tidak hanya berasal dari kota yogyakarta, tetapi juga berasal dari kota-kota lain di luar kota Yogyakarta. Salah satu kendala yang dihadapi CV. Galery art saat ini adalah bagaimana  memberikan informasi dari dan kepada customer dengan cepat.

Penelitian ini menggunakan metode penggumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Setelah data dikumpulkan dilakukan analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem yang meliputi perancangan proses, perancangan database, perancangan struktur menu dan perancangan interface. Selanjutnya implementasi sistem dengan bahasa pemograman PHP dan data base MySql. Setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem crm CV. Galery art Berbasis Web yang dapat memberikan pengelolaan  tentang data customer. Hasil pengujian Black Box Test diperoleh 100% responden menjawab bahwa sistem informasi ini layak dan dapat dipergunakan. Dari pengujian Alpha Test diperoleh 45% sangat setuju, 55% setuju, 0% kurang setuju dan tidak setuju.

Kata Kunci: manajemen hubungan pelanggan, sistem crm dan CV. Galery art, sugarCRM.

References

Kalakota, R. dan Robinson, M. (2001), E-Business 2.0 Roadmap for Success,Massachusetts: Addsion Wesley Longman Inc,.

Kadir, Abdul 2000, Pengertian website, Andi Offset, Yogyakarta.

SugarCRMInc.(2013).LinuxInstallation,support.sugarcrm.com/02_Documentation/01_Sugar_Editions/05_Sugar_Community_Edition/Sugar_Community_Edition_6.5/Sugar_FastStack_Installation_Guide_6.5.0/03_Linux_FastStack/,diakses terakhir pada 17 janiari 2016.

Downloads

Published

01-10-2017

Issue

Section

Articles