PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) PADA BIDANG PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERTANIAN DINAS PERTANIAN DIY
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10801Abstract
Pembuatan model Customer Relationship Managemant pada Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Dinas Pertanian DIY sebagai acuan dalam perencanaan dan pengembangan sistem informasi yang mengarah pada layanan hubungan antara Dinas Pertanian Pemerintah DIY di Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian dengan customer untuk masa yang akan datang.Masalah sistem informasi yang belum menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat khususnya petani, keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan juga membuat interaksi antara Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian dengan Customer tidak berjalan dengan baik.
Model CRM diharapkan bisa digunakan untuk acuan dalam rangka mengoptimalkan kinerja E-government di Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian.Terdapat tahapan-tahapan dalam pembuatan model CRM, tahapan tersebut antara lain pencarian data dengan metode wawancara, literatur, observasi, survey dan kuisioner. Analisis meliputi proses bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi,arsitektur tekhnologi dan pembuatan kerangka model CRMmulai dari rencana strategi pengembangan layanan sistem informasi dan pengujian perancangan sistem dengan menggunakan uji kelayakan dan memberi rokemendasi model customer relationship management.
Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan “Kerangka Model CRM di Dinas Pertanian Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media sistem informasi yang tersedia. Hasil uji kelayakan sistem menunjukan bahwa sistem yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi organisasi dalam meningkatkan pelayanankhususnya di Dinas Pertanian Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, sehingga terjalin sebuah hubungan yang kondusif dengan customer terkait.
Kata Kunci :Customer Relationship Management,Model CRM, Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian.References
Buku Tahunan Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013.
Alfira Gazali, Rezki., 2012, Pemodelan CRM Pada Bagian Perhubungan Dishubkominfo DIY, Karya Tulis, UAD, Yogyakarta.
Daft, R., 2003, Management, 6th ed., Thomson South-Western West, Mason, OH.
Davenport, Thomas 1993, Process Innovation: Reengineering work through information technology, Harvard Business School Press, Boston.
Freeland, J., 2003, “The new CRM imperativeâ€, The Ultimate CRM Handbook, McGraw-Hill, New York, NY.
Ghozali, Imam., 2012, Pembuatan Model CRM Pada Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi DIY, Karya Tulis, UAD Yogyakarta.
Jogiyanto dan Abdillah, Willy., 2011, sistem tatakelola tekhnologi informasi, Yogyakarta, Andi Yogyakarta.
Ladjamudin, bin Albahra. 2005. Analisis dan Design Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha ilmu.
Simarmata, Dj.A., 1983, Operation Research, Pengantar, Jakarta, PT. Gramedia.
Surendro, Kridanto., 2009,pengembangan rencana induk sistem informasi, Bandung, Informatika Bandung.
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.