PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA DIVISI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PERUSAHAAN (DP3) PT.XYZ

Authors

  • Dessy Norita Pratiwi Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
  • Ali Tarmuji Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10749

Abstract

Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan PT. XYZ belum memutuskan kebijakan pengelolaan pelanggan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Proses pengelolaan pelanggan di PT. XYZ sangat berpengaruh terhadap tingkat kemajuan perusahaan. Pengelolaan pelanggan di PT. XYZ masih dilakukan secara manual tanpa aplikasi yang terkontrol, sehingga integrasi data atau history pelanggan kantor pusat maupun kantor cabang tidak terintegrasi. Sehingga analisis pelanggan dan proyek sesuai dengan Great Plains. Modifikasi dan klasifikasi setiap proses bisnis yang disesuaikan dengan id proyek belum dapat dilakukan di Great Plains, sehingga menyulitkan administrasi dalam konteks monitoring kode history pelanggan. Monitoring realisasi pelanggan dan proyek belum dapat diakomodir Great Plains sehingga menyulitkan Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan (DP3) untuk melakukan controlling terhadap pelanggan dan proyek. Kemudian data pelanggan dan proyek belum dapat terintegrasi secara integral dari setiap unit kerja.

Metode pengumpulan data yang akan dilakukan yaitu menggunakan metode observasi, metode wawancara dengan kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan (DP3) PT. XYZ, dan metode studi pustaka. Berdasarkan data tersebut, maka dilakukan analisis data dan pembuatan model CRM. Hasil dari perancangan akan dilakukan pengujian kesesuaian antara hasil perancangan model Customer Relationship Management dengan kebutuhan perancangan pada Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan (DP3) PT. XYZ. Perancangan yang sudah teruji maka akan digunakan oleh PT. XYZ dalam pembangunan model CRM.

Hasil uji kelayakan pembuatan model CRM di Divisi Perencanaan dan Pengembangan (DP3) PT. XYZ yang dibagikan pada 5 responden menghasilkan 96,96 % yang sesuai dan 3,04 % tidak sesuai. Dengan hasil demikian maka dapat dikatakan bahwa model CRM yang dibuat sesuai dengan yang dibutuhkan, dengan adanya perbaikan untuk kedepannya. Diharapkan mempermudah dan mempercepat  proses pengolahan data pelanggan dan proyek. Sehingga pemantauan history setiap proyek dan pelanggan dapat dilakukan secara cepat dan akurat, yang diharapkan mampu meningkatkan efisien dan efektivitas kerja.

Kata kunci : CRM, Customer Relationship Management, Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan.

References

Abbott, J., Stone, M., Buttle, F., 2001. Customer Relationship Management in Practice – a qualitative study, Journal of Database Management, Vol 9, No. 1

Barnes, James G. 2003. Secrets Of Customer Relationship Management. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Cook, Sarah, 2004. Cara untuk mencapai Customer Focus. PPM

Kartajaya, Hermawan, Yuswohady, Madyani, Dewi. 2004. On Becoming A Customer-Centric Company. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Payne, A, et all. 2005. Strategic Framework for Customer Relationship Management. Journal Of Marketing

Prof. Dr. HM, Jogiyanto, MBA, Akt. 2006. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan kompetitif. Yogyakarta : Penerbiat ANDI

Sumunaringtyas, Tities. 2013. Perencanaan Enterprise Architecture Planning (EAP) pada proses Management Asset dengan Zachman Framework. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan

Surendro, Kridanto. 2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Bandung. Penerbit INFORMATIKA

Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Jakarta : Graha Ilmu

Susanti, Puspita. 2012. Perancangan Enterprise Resource Planning Badan keuangan dan akuntansi pada PT. XYZ . Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan

Published

01-06-2016

Issue

Section

Articles