PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA DIVISI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PERUSAHAAN (DP3) PT.XYZ
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10749Abstract
Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan PT. XYZ belum memutuskan kebijakan pengelolaan pelanggan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Proses pengelolaan pelanggan di PT. XYZ sangat berpengaruh terhadap tingkat kemajuan perusahaan. Pengelolaan pelanggan di PT. XYZ masih dilakukan secara manual tanpa aplikasi yang terkontrol, sehingga integrasi data atau history pelanggan kantor pusat maupun kantor cabang tidak terintegrasi. Sehingga analisis pelanggan dan proyek sesuai dengan Great Plains. Modifikasi dan klasifikasi setiap proses bisnis yang disesuaikan dengan id proyek belum dapat dilakukan di Great Plains, sehingga menyulitkan administrasi dalam konteks monitoring kode history pelanggan. Monitoring realisasi pelanggan dan proyek belum dapat diakomodir Great Plains sehingga menyulitkan Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan (DP3) untuk melakukan controlling terhadap pelanggan dan proyek. Kemudian data pelanggan dan proyek belum dapat terintegrasi secara integral dari setiap unit kerja.
Metode pengumpulan data yang akan dilakukan yaitu menggunakan metode observasi, metode wawancara dengan kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan (DP3) PT. XYZ, dan metode studi pustaka. Berdasarkan data tersebut, maka dilakukan analisis data dan pembuatan model CRM. Hasil dari perancangan akan dilakukan pengujian kesesuaian antara hasil perancangan model Customer Relationship Management dengan kebutuhan perancangan pada Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan (DP3) PT. XYZ. Perancangan yang sudah teruji maka akan digunakan oleh PT. XYZ dalam pembangunan model CRM.
Hasil uji kelayakan pembuatan model CRM di Divisi Perencanaan dan Pengembangan (DP3) PT. XYZ yang dibagikan pada 5 responden menghasilkan 96,96 % yang sesuai dan 3,04 % tidak sesuai. Dengan hasil demikian maka dapat dikatakan bahwa model CRM yang dibuat sesuai dengan yang dibutuhkan, dengan adanya perbaikan untuk kedepannya. Diharapkan mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data pelanggan dan proyek. Sehingga pemantauan history setiap proyek dan pelanggan dapat dilakukan secara cepat dan akurat, yang diharapkan mampu meningkatkan efisien dan efektivitas kerja.
Kata kunci : CRM, Customer Relationship Management, Divisi Perencanaan dan Pengembangan Perusahaan.References
Abbott, J., Stone, M., Buttle, F., 2001. Customer Relationship Management in Practice – a qualitative study, Journal of Database Management, Vol 9, No. 1
Barnes, James G. 2003. Secrets Of Customer Relationship Management. Yogyakarta : Penerbit ANDI
Cook, Sarah, 2004. Cara untuk mencapai Customer Focus. PPM
Kartajaya, Hermawan, Yuswohady, Madyani, Dewi. 2004. On Becoming A Customer-Centric Company. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Payne, A, et all. 2005. Strategic Framework for Customer Relationship Management. Journal Of Marketing
Prof. Dr. HM, Jogiyanto, MBA, Akt. 2006. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan kompetitif. Yogyakarta : Penerbiat ANDI
Sumunaringtyas, Tities. 2013. Perencanaan Enterprise Architecture Planning (EAP) pada proses Management Asset dengan Zachman Framework. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan
Surendro, Kridanto. 2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Bandung. Penerbit INFORMATIKA
Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Jakarta : Graha Ilmu
Susanti, Puspita. 2012. Perancangan Enterprise Resource Planning Badan keuangan dan akuntansi pada PT. XYZ . Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.