Analisis pemahaman konseptual mahasiswa pada materi kinematika partikel melalui tes diagnostik

Authors

  • Ino Angga Putra KH. A. Wahab Hasbullah University
  • Eko Sujarwanto KH. A. Wahab Hasbullah University
  • Novia Ayu Sekar Pertiwi KH. A. Wahab Hasbullah University

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.8923

Abstract

Perkembangan pembelajaran pada saat ini terfokus pada pembelajaran student center. Peserta didik diberikan kesempatan untuk membangun pemahamannya terhadap konsep pelajaran yang diperoleh dari pendidik (sebagai fasilitator). Upaya mengatasi kesulitan dalam membangun pemahaman, mencapai ketuntasan dan mengurangi miskonsepsi peserta didik maka digunakan evaluasi pembelajaran melalui Tes Diagnostik. Tujuan penelitian ini yaitu a) mengetahui pemahaman konseptual mahasiswa dalam mengkaji konsep-konsep dasar kinematika partikel, dan b) mengetahui kesulitan pemahaman konseptual mahasiswa pada konsep dasar kinematika partikel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif eksploratif. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian diagnostik ­Two-Tier. Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui hasil rata-rata skor gain yang ternormalisasi sebesar 0,02. Hasil analisis data pemahaman konsep mahasiswa menggunakan instrumen tes diagnostik menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa meningkat sebesar 2%. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep kinematika partikel. Hal ini dikarenakan mahasiswa masih lemah dalam menganalisis suatu permasalahan melalui bentuk representasi.

 

The development of learning at this time focused on student center learning. Learners are given the opportunity to build their understanding of the lesson concept learned from the educator (as the facilitator). Efforts to overcome difficulties in building understanding, achieve mastery and reduce the misconceptions of learners then used the evaluation of learning through the Diagnostic Test. The purposes of this research are: a) to know the conceptual understanding of students in studying basic concepts of particle kinematics, and b) to know the difficulties of conceptual understanding of students on the basic concept of particle kinematics. The type of this research is research use descriptive explorative research model. The data collection instrument uses a diagnostic evaluation instrument Two-Tier. The increase was shown through the average result of a normalized gain score of 0.02. The result of data analysis of student conceptual understanding using diagnostic test instrument showed that students concept comprehension increased by 2%. The results of data analysis showed that students have misconceptions on the concept of kinematics particles. This is because students are still weak in analyzing a problem through the form of representation.

 

Kata kunci: kinematika partikel, miskonsepsi, pemahaman konseptual, tes diagnostik

References

Chandrasegarana. A. L., Treagust, D.F., & Mocerino, M., The Development of a Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument for Ability to Describe and Multiple Levels of Representation, Chemistry Education Research and Practice, Vol. 8, No. 3, 2007.

Rosenblatt, R. & Heckler, A. F., Systematic study of student understandaing of the relationships between the directions of force, velocity, and acceleration in one dimension, Physics Review St. Physics Education Research, Vol. 7, 2011, 020112.

Sutopo, Pembelajaran Kinematika Berbasis Diagram Gerak: Cara Baru Dalam Pengajaran Kinematika. Prosiding Smeinar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Juni 2012.

Hake, R.R., Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses, American Journal Physics, Vol. 66, No. 01, 1998, 64-74.

Reif, F. & Allen, S., Cognition for interpreting scientific concepts: A study acceleration, Cognition and Instruction, Vol. 9, No. 1, 1992, 1-44.

Sutopo, Liliasari, Waldrip, B., & Rusdiana, D., The Prospective physics teachers’ prior knowledge of acceleration and the alternative teaching strategy for better learning outcome. Dipublikasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains, Unesa Surabaya, Desember 10 2011.

Suwarto, Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Treagust, D. F., Development and Use of Diagnostic Test to Evaluate Students Misconceptions in Science, Journal Science Education 10, 1988.

Chang, H., Chen, J., Guo, C., Chen, C., Chang, C., Lin, S., Su, W., Lain, K., Hsu, S., Lin, J., Chen, C., Cheng, Y., Wang, L., & Tseng, Y., Investigating primary and secondary students’ learning of physics concepts in Taiwan, International Journal of Science Education. Vol. 29, No.4, 2007, 465-482.

Potgieter, M., Malatie, E., Gaigher, E., & venter, E., Confidence versus performance as an indicator of the presence of alternative conceptions and inadequate problem-solving skills in Mechanics, International Journal of Science Education, Vol. 32, No. 11, 2010, 1407-1429.

Tuysuz, C., Development of Two-Tier Diagnostic Instrument and Assess Studentd Misunderstandaing in Chemistry, Scientific Research and Essay 4, 2009.

Bunawan, W., Setiawan, A., Rusli, A., & Nahadi, Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat untuk Mengakses Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika, Edusains, Vol. VI, No. 2, 2014.

Marsita, R.A, Priatmoko, S., & Kusuma, E., Analisis Kesulitan belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 2010.

Ismail, I. I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I., Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, Bandung, 8-9 Juni 2015,.

Siswaningsih, W., Firman, H., Zackiyah, & Khoirunnisa, A., Development of Two-Tier Diagnostic Test Pictorial-Based for Identifying High School Students Misconceptions on the Mole Concept. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 2017.

Winarti, Cari, Suparmi, Sunarto, W., & Istiyono, E., Development of Two Tier Test to Assess Conceptual Understanding in Heat and Temperature, IOP Conf. Series: Journal of Physics, 2017.

Wulandari, R. R. A., Yamtinah, S. & Saputro, S., Instrumen Two-Tier Test Aspek Pengetahuan untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA/MA Kelas XI, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 4, 2015.

Sutopo, Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep-Konsep Dasar Gelombang Mekanik, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 12, No. 1, 2016.

Wisudawati, A. W., Pengembangan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengidentifikasi Representasi Tingkat Mikroskop Perubahan Wujud Air Sebagai Alternatif Assesment Integrasi Islam-Sains (A Preliminary Study), Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VII, 18 April 2015.

Septiana, D., Zulfiani, Noor, M. F., Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice, Edusains, Vol. VI, No. 2, 2014.

Tim Departemen Pendidikan Nasional, Tes Diagnostik, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Arikunto, S., Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Ana, M., R, Priatmoko, S., & Kusuma, E., Analisis kesulitan belajar kimia siswa SMA dalam memahami materi larutan penyangga dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 2010, 512-520.

Sujarwanto, E. & Putra, I.A., Identifikasi Konsepsi Mahasiswa tentang Gerak melalui Penggunaan Hukum Newton, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: Pascasarjana UM Malang, 2017.

Downloads

Published

2018-05-11

Issue

Section

Articles