Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Data Sharing Technology pada Pokok Bahasan Energi

Authors

  • Utari Ayu Wardani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v3i1.4543

Abstract

Proses pembelajaran fisika terdiri dari dua aspek yaitu teori dan eksperimen sehingga diperlukan suatu metode yang melibatkan kedua aspek tersebut. Data Sharing bisa menjadi alternatif karena melibatkan teori dan eksperimen. Pada penelitian kali ini digunakan model pembelajaran Discovery Learning dimana model Discovery Learning pada pokok bahasan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen pendukung dalam model pembelajaran Discovery Learning dengan Data Sharing . Pada proses pembelajaran menggunakan apparatus eksperimen yang dilengkapi panduan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket yang diujikan terdiri dari angket validasi ahli, angket uji pengguna, angket persepsi siswa, dan lembar pengamatan kemampuan afektif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai kelayakan panduan sebesar 85,74% dan 87,87% termasuk dalam kategori baik. Tingkat persepsi siswa yang masih rendah adalah aspek motivasi. Hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran yaitu beberapa siswa masih ramai, suka berbicara sendiri dan beberapa siswa mengalami kesulitan dalam analisis data.

 

In the process of physics learning there are two important aspect; theory and experiment, so a method that can combine these aspects is needed. Data sharing technology can be the alternative media; through this media these aspects can be combined. Energy is the main topic in this research and thought with Discovery Learning method. This research aimed to develop and validate media which is used in this learning method; Discovery Learning with Data Sharing Technology. An experiment apparatus is used in the learning process. For data collection, survey method is applied. There are expert surveys, user surveys, student perception surveys, and student affective form control. The result for this research is about 85,74% and 87,87% which categorized in a good level.

 

Kata kunci: Discovery Learning; Data Sharing; energi

References

Sukmadinata, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wakhidah, N. (2015, Januari 5). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Saintifik dan Literasi Sains. Dipetik April 24, 2015, dari http://www.ispi.or.id/

Ibrahim, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Dipetik April 10, 2015, dari http://docs.google.com/document

Vernier. (2013). Vernier Data Share. Dipetik April 13, 2015, dari http://vernier.com/products/software/data-share/

Giancoli, D. C. (2001). FISIKA (5th edition ed.). Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2016-04-10