Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Balajar

Authors

  • Erwinta Noviana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v3i1.4541

Abstract

Penelitaian ini dilatar belakangi proses pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, hanya berpusat pada guru, tidak adanya keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Guwo Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif yang didukung dengan analisis data kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, pada tahap siklus mencakup kegiatan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian dilihat dari peningkatan ktivitas dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

 

Inactive student, teacher centered, and less interesting teach has leaded to this research to be happened. Teams Games Tournament (TGT) model is applied as the goal of the research which to observe how much activity and affective result can be reach. Observation, test, and documentation are the main step in this research. Quantitative data analysis applied besides qualitative data analysis. There are two cycles in this research, each cycle consist of planning, doing, seeing, and reflection. The increase in student activity and achievement are main goals in this research. According to the result this model can be used to increase student activity and achievement.

 

Kata kunci: Pembelajaran teams games tournament, aktivitas belajar, prestasi belajar

References

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada.

Hamdu & Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12. No 1.<http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf>. 17 Oktober 2015.

Maisaroh .2011. Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatife tipe Teams Games Tournament(TGT).Jurnal unnes. Volume 6, No. 2, <http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/5109> 3 april 2016.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Taniredja., Faridli., Harmianto. 2013.Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono.2013.Belajar dan pembelajaran.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Widodo dan Widayanti. 2013. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learningpada Siswa Kelas VIIA Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013â€. Jurnal Fisika Indonesia.Vol XVII, No. 49, <http://pdm-mipa.ugm.ac.id/ojs/index.php/jfi/article/view/831> 6 Juni 2016.

Downloads

Published

2016-04-10