Identifikasi Tes Kemampuan Verbal Siswa Menurut WISC dengan Tema "Suhu dan kalor dalam Kehidupan" di MTs Plus Az Zahro Cilacap

Authors

  • Siti Fatimah Prodi Pendidikan Fisika Fakulas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan verbal siswa menurut WISC dengan tema "suhu dan kalor dalam kehidupan" berdasarkan standar kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs Plus Az-Zahro Cilacap. Penelitian dirancang dengan memberikan tes kemampuan verbal menurut WISC yang terdiri dari 6 skala verbal yaitu Information (pengetahuan umum), Comprehension (pemahaman), Arithmetic (berhitung), Similarities (kemiripan), Digit span (rentang angka), dan Vocabulary (perbendaharaan kata). Data hasil pemberian tes menunjukkan bahwa 63,40% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala pengetahuan umum; 58,29% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala pemahaman; 38,72% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala berhitung; 40,43% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala kemiripan; 28,08% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala rentang angka; dan 53,19% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala perbendaharaan kata.

References

Adegbile dan Alabi, Effects Of Verbal Ability On Second Language Writers Achievement In Essay Writing In English Language, Interational Journal of African anf African America Studies. Vol. 1 No.1., 2007, Hal. 62-67.

Jane Oakhill, dkk.. The Differential Relations Between Verbal, Numerical and Spatial Working Memory Abilities and Children’s Reading Comprehension, International Electronic Journal of Elementary Education. Vol. 4 No. 1, 2011, Hal. 83-106.

R. L. Atkinson, R. C. Atkinson, E.E. Smith, dan D. J. Bem, Pengantar Psikologi, Interaksara, 1987.

Siti Fatimah, Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Modul dan Buletin Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Motivasi Berprestasi Siswa, Magister, Tesis, 2013.

Winkel, Psikologi Pengajaran, Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, 2003.

Downloads

Published

2015-10-20