Pengaruh Permainan dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Arif Rahman Aththibby Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dedi Hidayatullah Alarifin Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3246

Abstract

Menanamkan rasa suka, senang, tertarik, dan butuh kepada peserta didik merupakan salah satu kiat yang efektif untuk keberhasilan belajar peserta didik. Belajar tadak hanya dibatasi pada satu tempat, kondisi, ruang, dan waktu tertentu saja. Siswa akan termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik jika guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Keaktifan belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru sehingga pada akhirnya prestasi belajar siswa pun dapat ditingkatkan. Untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar dalam pembelajaran fisika diperlukan suasana yang menyenangkan. Hal itu dapat dilakukan melalui kombinasi brain Gym, ice breaking, dan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran fisika. Hasil dari penelitian yang dilakukan tentang pengaruh permainan dalam pembejaran fisika terhadap motivasi belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa implementasi permainan dalam pembelajaran fisika baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata motivasi belajar siswa dan juga hasil uji-t yang dilakukan. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar fisika bagi peserta didik, guru memiliki opsi menggunakan permainan dalam pembelajaran.

References

Murtiningsih. “Video Games dan Filsafat Pendidikan: Pendekatan Teori Simulacra Jean Baudrilladâ€. Prosiding the 4th international conference on indonesian studies : “Unity, Diversity, and Futureâ€, Lhoksumawe. 2013 .

Triwiyono, Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indone¬sia, Vol. 7, 2011, pp: 80-83.

Suparwoto, “Simetri Dalam Fisika dan Implementasinya dalam Pendidikan Karakterâ€. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. 2011 .

Pivec, Game-based Learning or Game-based Teaching. Becta, 2009.

Zaviera, F. Mengenali & Memahami Tumbuh Kembang Anak, Katahati. Yogyakarta.2008.

Gunadi, Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Penebar Swadaya, 2009.

Puspananda, Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dipadukan dengan Senam Otak Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Magistra No. 89 Th. XXVI 2014.pp:18-24

Sunarto, Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif, Cakrawala Media. Surakarta, 2012.

Rusmawan, Faktor Yang Memengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Cakrawala Pendidikan, 2013, Th. XXXII, No. 2. , pp. 285-295.

Arigiyati, Tri Astuti., Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Belajar, dan Dukungan Orang tua terhadap Prestasi Belajar Mata Kulian Metode Statistika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2009. Jurnal Wacana Akademika, Volume 3 No.9, 2011. pp. 922-93.

Downloads

Published

2015-10-20