Pengaruh Permainan dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3246Abstract
Menanamkan rasa suka, senang, tertarik, dan butuh kepada peserta didik merupakan salah satu kiat yang efektif untuk keberhasilan belajar peserta didik. Belajar tadak hanya dibatasi pada satu tempat, kondisi, ruang, dan waktu tertentu saja. Siswa akan termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik jika guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Keaktifan belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru sehingga pada akhirnya prestasi belajar siswa pun dapat ditingkatkan. Untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar dalam pembelajaran fisika diperlukan suasana yang menyenangkan. Hal itu dapat dilakukan melalui kombinasi brain Gym, ice breaking, dan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran fisika. Hasil dari penelitian yang dilakukan tentang pengaruh permainan dalam pembejaran fisika terhadap motivasi belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa implementasi permainan dalam pembelajaran fisika baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata motivasi belajar siswa dan juga hasil uji-t yang dilakukan. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar fisika bagi peserta didik, guru memiliki opsi menggunakan permainan dalam pembelajaran.
References
Murtiningsih. “Video Games dan Filsafat Pendidikan: Pendekatan Teori Simulacra Jean Baudrilladâ€. Prosiding the 4th international conference on indonesian studies : “Unity, Diversity, and Futureâ€, Lhoksumawe. 2013 .
Triwiyono, Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indone¬sia, Vol. 7, 2011, pp: 80-83.
Suparwoto, “Simetri Dalam Fisika dan Implementasinya dalam Pendidikan Karakterâ€. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. 2011 .
Pivec, Game-based Learning or Game-based Teaching. Becta, 2009.
Zaviera, F. Mengenali & Memahami Tumbuh Kembang Anak, Katahati. Yogyakarta.2008.
Gunadi, Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Penebar Swadaya, 2009.
Puspananda, Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dipadukan dengan Senam Otak Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Magistra No. 89 Th. XXVI 2014.pp:18-24
Sunarto, Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif, Cakrawala Media. Surakarta, 2012.
Rusmawan, Faktor Yang Memengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Cakrawala Pendidikan, 2013, Th. XXXII, No. 2. , pp. 285-295.
Arigiyati, Tri Astuti., Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Belajar, dan Dukungan Orang tua terhadap Prestasi Belajar Mata Kulian Metode Statistika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2009. Jurnal Wacana Akademika, Volume 3 No.9, 2011. pp. 922-93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT TRANSFER FORM
The copyright to this article is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
- This paper has not been published in the same form elsewhere.
- It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
- A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, micro form, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s) where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
- Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
- Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the authors personal use or for company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
- Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.