Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan javascript pada materi pokok listrik statis

Authors

  • Nur Insana Pendidikan Fisika, Universitas Halu Oleo
  • Erniwati Erniwati Pendidikan Fisika, Universitas Halu Oleo
  • Sayahdin Alfat Pendidikan Fisika, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i2.21052

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan Revolusi Industri 4.0 yang menuntut pembelajaran berbasis ICT yaitu pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer terkhususnya dalam proses pembelajaran fisika sehingga memudahkan peserta didik memahami konsep fisika yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan JavaScript pada materi pokok listrik statis, memverifikasi validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini merupakan model penelitian Research and Development yang dikembangan oleh Borg dan Gall tapi dibatasi hanya sampai dengan tahapan kelima. Hasil penelitian sebagai berikut; Pertama, JavaScript dapat digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran fisika pada materi Listrik Statis dengan mudah dikarenakan bahasa ini bersifat open source, high level language, menawarkan kemudahan dan fleksibel. Kedua, hasil analisis validitas menggunakan indeks yang diusulkan oleh Aiken menyatakan bahwa hasil validitas Ahli Materi diperoleh skor rata-rata “0.82” berkategori “Sangat Tinggi” dan Ahli IT/Media diperoleh skor rata-rata “0.78” berkategori “Tinggi”. Ketiga, hasil uji terbatas menunjukan presentase respon Peserta Didik sebesar 86.56% berkategori “Sangat Baik” dan respon Pendidik memperoleh rata-rata sebesar 3.42 berkategori “Baik”. Sehingga disimpulkan bahwa “pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan JavaScript pada materi pokok listrik statis” sukses menjadi media pembelajaran dengan kategori valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Medan Listrik, Potensial Listrik, JavaScript

 

Abstract. This research is motivated by the application of Industry Revolution 4.0 that demands ICT-based learning, which uses computer-based learning media specifically in the physics learning process so it makes it easy for learners to understand the concept of abstract physics. The study aims to design a physics learning media on a static electricity subject using JavaScript and verify its validity and practicality. This research is a Research and Development method developed by Borg and Gall but it is limited to only five stages. Its results are; First, JavaScript can easily be used to design a physics learning media on the subject of static electricity because the language is open source, high-level language, offering ease and flexibility. Second, results of validity analysis using the index proposed by Aiken stated that the results of the validity of Material Experts have shown an average score of "0.82" categorized as "Very High" and "0.78" on "High" category from IT/Media Experts. Third, limited result tests shown the percentage of learner's response by 86.56% on the "Excellent" category, and the educator's response obtained an average of 3.42  in the "Good" category.  We concluded that "physics learning media development on the subject of static electricity using JavaScript"  has successfully become a learning medium with valid and practically used as a learning medium.

Keywords: Learning Media, Electric Field, Electric Potential, JavaScript

References

H. Praherdhiono et al., Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang, 2019.

R. R. Cadmus, “A video technique to facilitate the visualization of physical phenomena,” Am. J. Phys., 1990, doi: 10.1119/1.16483.

L. T. Escalada and D. A. Zollman, “An Investigation on the Effects of Using Interactive Digital Video in a Physics Classroom on Student Learning and Attitudes,” J. Res. Sci. Teach., 1997, doi: 10.1002/(SICI)1098-2736(199705)34:5<467::AID-TEA4>3.0.CO;2-O.

T. Stelzer, G. Gladding, J. P. Mestre, and D. T. Brookes, “Comparing the efficacy of multimedia modules with traditional textbooks for learning introductory physics content,” Am. J. Phys., 2009, doi: 10.1119/1.3028204.

S. Annisa, “Pengembangan Bahan Ajar Cd Interaktif Materi Suhu Dan Kalor Berbentuk Powerpoint Materi Suhu Dan Kalor Untuk Pembelajaran Fisika Kelas X Sma,” Pillar Phys. Educ., 2013.

A. H. Nuzuliana, F. Bakri, and E. Budi, “Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis di SMA,” Pros. Semin. Nas. Fis., 2015.

B. Syefrinando, “Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash professional 8,” IJER (Indonesian J. Educ. Res., 2016, doi: 10.30631/ijer.v1i2.21.

R. Eso, “Simulasi Gerak Osilasi Paksa dengan Redaman Menggunakan Spreadsheet Excel dan Macro Visual Basic for Application,” J. Apl. Fis., vol. 13, no. 3, 2017.

S. Alfat, A. H. Saifudin, and H. M, “Penerapan visual basic for application spreadsheet excel untuk simulasi konsep motor listrik tiga fasa dan aplikasinya sebagai media pembelajaran,” J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., 2020, doi: 10.12928/jrkpf.v7i2.17972.

F. S. Arista and H. Kuswanto, “Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding,” Int. J. Instr., 2018, doi: 10.12973/iji.2018.1111a.

B. A. Syukroyanti and W. Putrayadi, “Pengembangan Media Animasi dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi Listrik Statis,” Lensa J. Kependidikan Fis., 2017, doi: 10.33394/j-lkf.v5i1.118.

M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D. Pernanda, “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., 2018, doi: 10.31539/intecoms.v1i1.140.

Sunaryo and I. Euis, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Komputer Menggunakan Software Adobe Flash CS6 di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 08, no. 1, 2019.

Colorado of University, “Charges and Fields,” 2020. .

PYPL, “PYPL PopularitY of Programming Language,” 2020. .

Stack Overflow, “Most Popular Technologies: Programming, Scripting, and Markup Languages,” 2020. .

Google Trends, “Programming Languages Trends in Indonesia,” 2020. .

W. Wibawanto, Laboratorium Virtual Konsep Dan Pengembangan Simulasi Fisika. 2020.

S. Laini, A. N. Kalam, S. Anjelina, and S. Alfat, “The design of learning media using JavaScript and its implementation in the local web server,” 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1839/1/012010.

W. . Borg and M. . Gall, “Educational Research an Introduction fourth edition,” Longman Inc, 1983.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Ketiga. Bandung: Alfabeta, 2017.

H. Retnawati, “Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index),” Res. Eval. Educ., 2016, doi: 10.21831/reid.v2i2.11029.

R. Melati, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Paradigma Pedagogi Reflektif yang Mengakomodasi Group Investigation di Kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta,” Universitas Sanata Dharma, 2016.

Damayanti et.al, “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis,” Indones. J. Sci. Mat. Educ., 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 37 tahun 2018, tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendid. Indonesia, 2018.

Downloads

Published

2021-10-29