Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Kembang

Authors

  • Allif Silfiyana Rohman Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang
  • Budi Astuti Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i2.21009

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan secara daring melalui Google Meet dan Whatsapp Group selama dua siklus. Adapun kegiatan penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA-3 SMAN 1 Kembang. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan wawancara kemudian di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada Siklus I terdapat 57% peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan dan terjadi peningkatan pada Siklus II sebanyak 77% peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan. Peningkatan kriteria ketuntasan tersebut dapat terjadi karena guru memberi motivasi yang menarik agar peserta didik lebih fokus mengikuti pembelajaran. Kemudian, guru memonitoring kegiatan peserta didik dalam berkelompok dan mengkoordinir peserta didik agar ikut berkontribusi dalam kelompoknya. Selain itu juga memberikan tambahan waktu untuk presentasi hasil diskusi agar peserta didik dapat berdiskusi lagi jika ada perbedaan pendapat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MIPA-3 SMA N 1 Kembang.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, problem based learning

 

Abstract. This study aims to determine the cognitive learning outcomes of students using the Problem Based Learning (PBL) learning model. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) with a qualitative approach. This research was conducted online through Google Meet and Whatsapp Group for two cycles. The research activities include planning, implementation, observation/evaluation and reflection. The subjects of this study were students of class X MIPA-3 SMAN 1 Kembang. Data collection techniques using tests and interviews are then analyzed qualitatively. The results obtained are that in Cycle I there are 57% of students who reach the criteria of completeness and an increase in Cycle II as much as 77% of students who have achieved the criteria of completeness. The increase in the criteria for completeness can occur because the teacher provides interesting motivation so that students are more focused on participating in learning. Then, the teacher monitors the activities of students in groups and coordinates students to contribute to the group. In addition, it also provides additional time for presentation of the results of the discussion so that students can discuss again if there are differences of opinion. The results of this study indicate that the application of the Problem Based Learning learning model can improve the cognitive learning outcomes of students in class X MIPA-3 SMA N 1 Kembang.

Keywords: cognitive learning outcomes, problem based learning

References

Wiryanto, Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19, J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 6, no. 2, pp. 125 - 132, 2020.

I. W. Sucipta, Penerapan Model Pembelajaran STAD dengan Menggunakan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xii Mipa 8 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020 / 2021, Widyadari, vol. 22, no. 1, pp. 102 - 114, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4661220.

Y. Supriani, Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School, J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 210-220, 2016.

A. K. Nisa, Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Maarif Wonosari Tugas, 2015.

A. Utrifani and B. Turnif, M, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014, J. Inpafi, vol. 2, no. 2, pp. 9-16, 2014.

R. . Arends, Learning To Teach. 2008.

K. Komalasari, Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. 2013.

A. Elizabeth and M. M. Sigahitong, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA, Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 6, no. 2, pp. 66-76, 2018, doi: 10.33394/j-ps.v6i2.1044.

I. M. Y. Suryawan, I. W. Santyasa, and I. G. A. Gunadi, Keefektifan Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Pencapaian Prestasi Belajar Fisika, Mimb. Pendidik. J. Indones. untuk Kaji. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 35-54, 2019, doi: 10.17509/mimbardik.v4i1.16969.

B. H. Helyandari, H. Sahidu, and Hikmawati, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar, KONSTAN J. Fis. DAN Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, pp. 10-17, 2020, doi: 10.37905/aksara.5.1.39-46.2019.

A. Nora and Asrizal, Meta Analysis of The Influence of Problem Based Learning Models in High School Physics Students on Student Learning Outcomes, Pillar Phys. Educ., vol. 13, no. 4, pp. 494-501, 2020.

Daryanto, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. 2014.

T. G. Ratumanan and Laurens, Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. 2011.

N. Devi, D. Wahyuni, and P. Jekti, Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dilengkapi Teknik Mind Mapping Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pakusari Jember Pokok Bahasan Jamur Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014, J. Pancar., vol. 4, no. 2, pp. 35-48, 2015.

N. Rerung, I. L. S. Sinon, and S. W. Widyaningsih, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi, J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, pp. 47-55, 2017, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597.

Downloads

Published

2021-10-29