Pengembangan E-LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak lurus untuk peserta didik Kelas X SMA

Authors

  • Via Aksari Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widodo Budhi Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Daimul Hasanah Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.20210

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Gerak Lurus untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Parittiga; mengetahui kelayakan E-LKPD berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi; serta mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan; dengan mengadopsi model penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang terdiri atas lima tahapan dari sepuluh tahapan penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono, antara lain potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain. Instrumen yang digunakan antara lain angket penilaian kelayakan E-LKPD dan angket respon peserta didik terhadap E-LKPD. Teknik analisis data yang digunakan antara lain indeks V Aiken dan statistika deskriptif (persentase frekuensi). Hasil penelitian ini antara lain: telah dihasilkan E-LKPD Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan mengintegrasikan berbagai aplikasi, yakni aplikasi Phet dan video tutorial; kelayakan E-LKPD termasuk dalam kategori tinggi; serta respon peserta didik terhadap E-LKPD termasuk dalam kategori positif.

 

Abstract. This study aims to produce E-LKPD Physics Based on Guided Inquiry on Straight Motion Material for Class X Students of SMAN 1 Parittiga; know the feasibility of E-LKPD based on the assessment of experts and practitioners; as well as knowing the response of students to the E-LKPD that has been developed. This research includes the type of research and development; by adopting the research and development model according to Sugiyono which consists of five stages from ten stages of research and development according to Sugiyono, including potential and problems, gathering information, product design, design validation, design improvement. The instruments used included an E-LKPD feasibility assessment questionnaire and a student response questionnaire to E-LKPD. The data analysis techniques used include the Aiken V index and descriptive statistics (frequency percentage). The results of this study include: E-LKPD Physics Based on Guided Inquiry by integrating some applications such as Phet application and video tutorial; the eligibility of the E-LKPD is included in the high category; as well as students' responses to the E-LKPD included in the positive category.

 

References

E. Y. Awe and M. I. Ende, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada,†J. DIDIKA Wahana Ilm. Pendidik. Dasar, vol. V, no. 2, pp. 48–61, 2019.

Ramlawati, Liliasari, M. A. Martoprawiro, and A. R. Wulan, “The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students’ Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry,†J. Educ. Learn., vol. 8, no. 3, pp. 179–186, 2014.

F. N. Sari, Nurhayati, and S. Soetopo, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal,†in Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2017, pp. 83–98.

I. Bilgin, “The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction,†Sci. Res. Essay, vol. 4, no. 10, pp. 1038–1046, 2009.

R. N. Harahap, “Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid Kelas XI MIA SMAN 7 Kota Jambi.†Repository Universitas Jambi, Jambi, 2020.

A. Ghufron, “Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran,†Yogyakarta: FIP UNY, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

O. J. Jegede and G. S. Aikenhead, “Transcending cultural borders: Implications for science teaching,†Int. J. Phytoremediation, vol. 17, no. 1, pp. 45–66, 1999, doi: 10.1080/0263514990170104.

L. R. Aiken, “Three Coefficients for Analyzing The Reliability and Validity of Ratings,†Educ. Psychol. Meas., vol. 45, pp. 131-, 1985.

L. R. Aiken, “Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires,†Educ. Psychol. Meas., vol. 40, p. 955, 1980, doi: 10.1177/001316448004000419.

S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

N. A. Himawan, Jumadi, and E. Purwanto, “Identifikasi Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI di MAN 4 Bantul pada Suhu dan Kalor,†Edusains, vol. 12, no. 1, pp. 30–37, 2020.

S. Ramdhani, “Analisis Kemampuan Penalaran Analogis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Persamaan Diferensial Ordo Satu,†J. Prism. Univ. Suryakancana, vol. VI, no. 2, pp. 162–172, 2017.

P. Rahayu, Sriyono, and N. Ngazizah, “Pengembangan Worksheet dengan Pendekatan Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor untuk Mengoptimalkan Domain Proses Sains Siswa Kelas X SMA N 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013,†Radiasi, vol. 3, no. 1, pp. 78–82, 2013.

S. Latifah, E. Setiawati, and A. Basith, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor,†J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-BiRuNi, vol. 5, no. 1, pp. 43–51, 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104.

Y. Astuti and B. Setiawan, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor,†vol. 2, no. 1, pp. 88–92, 2013.

S. Chodijah, A. Fauzi, and R. Wulan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar,†J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 1, pp. 1–19, 2012.

M. Firdaus and I. Wilujeng, “Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik.,†J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 1, pp. 26–40, 2018.

N. Annafi, Ashadi, and S. Mulyani, “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA,†J. Inkuiri, vol. 4, no. 3, pp. 21–28, 2015.

E. Y. S. Asmawati, “Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa,†J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Metro, vol. III, no. 1, pp. 1–16, 2015.

Nurdyansyah and E. F. Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center, 2016.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles