Pengembangan Kuliah Eksperimen Fisika dengan Teknologi Multimedia

Authors

  • Okimustava Okimustava Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan
  • Ishafit Ishafit Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan
  • Nanang Suwondo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan
  • Rachmad Resmiyanto Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan
  • Apik Rusdiarna Indra Praja Program Studi Fisika Metrologi dan Elektronika Instrumentasi, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v1i1.1516

Abstract

Penelitian tentang pembelajaran berbasis lesson study untuk mata kuliah eksperimen fisika yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran eksperimen fisika dengan dua jenis media instruksional berbasis teknologi multimedia, yaitu Video Based Laboratory (VBL) dan Simulation Based Laboratory (SBL). Lesson study merupakan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan perencanaan (plan), implementasi pembelajaran (do) dan observasi serta refleksi (see) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran. Topik eksperimen yang diberikan adalah Efek Fotolistrik, Watak Lampu Pijar, Gerak Harmonik Sederhana dan Verifkasi Hukum Kekekalan Momentum. Evaluasi kemampuan mahasiswa setelah pembelajaran meliputi evaluasi kongitif dengan tes konseptual tentang penguasaan materi fisika dan tes essay tentang kemampan analisis data eksperimental fisika, dan evaluasi keterampilan kerja ilmiah dengan membuat makalah dan poster ilmiah dari topik eksperimen yang dilakukan. Hasil penelitian bahwa pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah eksperimen fisika menggunakan VBL dan SBL dapat meningkatkan kemampuan konseptual dan keterampilan mahasiswa.

Downloads

Published

2014-04-04