Rekonstruksi media interaktif berbasis kartun pada materi suhu dan kalor Kelas XI SMA

Authors

  • Violyta Ekka Caroline Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Ino Angga Putra Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.14789

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif berbasis kartun, dan mengetahui kelayakan media interaktif berbasis kartun pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode Borg and Gall. Hasil analisis data dari angket validasi ahli materi mendapat persentase 72,8% dengan kriteria valid, validasi ahli media mendapat persentase 81,6% dengan kriteria sangat valid, pendidik mendapat persentase 96,4% dengan kriteria sangat valid dan uji coba peserta didik mendapat persentase 92,3% dengan kriteria sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pengembangan valid atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi suhu dan kalor kelas XI SMA. Harapan untuk media ini agar sumber belajar lebih bervariasi dan memberikan alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: media interaktif, kartun, suhu dan kalor 


Abstract. The purpose of research to produce interactive media based on cartoons to know appropriate interactive media based on a cartoon on temperature and heat material on XI Grade Senior High School. The research design of this research is R & D and the adapted Borg and Gall method. The result of analyzed data by a material expert is 72,8% score with valid criteria, by media expert is 81,6% score with very valid criteria, by teacher expert is 96,4% score with very valid criteria, by response questionnaire of students is 92,3% score with very valid criteria. It is known that media is valid or deserves to be able to learn on temperature and heat material XI Grade Senior High School. This research is R & D. Hope for this media is so that learning resources are more varied and provide alternative problem-solving in learning physics.

Keywords: interactive media, cartoon, temperature dan heat

References

Setyorini, Patonah and Murniati, "Pengembangan Media Pembelajaran Moodle," Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7, vol. 7, no. 2, pp. 156-160, 2016.

Y. F., Herkulana and Achmadi, "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA," Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 4, no. 1, 2018.

Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.

P. Ekayani, "Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar," in NiluhPutuYani.Artikel, 2017.

I. Putra and E. Sujarwanto, "Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik melalui bahan ajar Multimedia Interaktif Alat Ukur dan Pengukuran dengan Pendekatan Behavioristik," Momentum : Physics Education Journal, vol. 1, no. 2, pp. 91-102, 2017.

Sukanta, Ahmad and Aisyah, "Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun terhadap terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada Materi Lingkungan Hidup dan Pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur Tahun Pelajaran 2016/2017," Jurnal Swarnabhumi, vol. 2, no. 1, 2016.

C. D. L., Saputro and Catur, " Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Progam Adobe Flash untuk pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam Kelas XI," Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 4, no. 2, 2015.

T. W. and Siagian, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2015.

Sukanta, Ahmad and Aisyah, "Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun terhadap terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada Materi Lingkungan Hidup dan Pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur Tahun Pelajaran 2016/2017," Jurnal Swarnabhumi, vol. 2, no. 1, 2016.

S. Atun, "Media Development of Science Cartoon in Subject of Magnetic Force for Fifth Grade Class of SD Negeri 1 SekarSuli," in Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1, 2016.

Sugiono, Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Supriadi, "Penggunaan Kartun Matematika dalam Pembelajaran Matematika," Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 10, 2008.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles