Penerapan model advance organizer menggunakan Macromedia Flash untuk meningkatkan pemahanan konsep Siswa SMA Negeri 3 Bireuen

Authors

  • Nanda Safarati Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim, Indonesia
  • Rahma Rahma Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14514

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA 3 Bireuen pada materi fluida. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan desain two group pretes-postes design. Hasil penelitian ini adalah: model pembelajaran advance organizer menggunakan macromedia flash dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan data analisis siswa perolehan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 73,33 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,00. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa terjadi peningkatan dengan model advance organizer menggunakan Macromedia Flash.

Kata kunci: Advance Organizer, Macromedia Flash, Pemahaman Konsep 


Abstract. This study aims to improve the understanding of the concept of Bireuen 3 High School students on fluid material. This research was conducted using a quantitative approach, a quasi-experimental type of research. The sampling technique uses cluster random sampling, two classes are selected as the experimental and control classes. The research sample consisted of 2 classes chosen randomly by cluster random sampling technique. The research design uses two group pretest-posttest design. The results of this study are: advance organizer learning models using macromedia flash can improve student understanding of concepts so that student learning outcomes improve. This is evidenced by the students' analysis of the acquisition of the average value of the posttest score of the control class is 73.33 and the average posttest score of the experimental class is 80,00. This shows that the understanding of student concepts has increased with the advanced organizer model using Macromedia Flash

Keywords: Advanced Organizer, Macromedia Flash, Understanding Concepts

References

Ataha, An Investigation Of Scientific Attitude Among Students In Senior Secondary Schools In Edo South Senatorial, Journal of Education and Practice. Volume 4, 2013.

Young, Hugh D. & Roger A. Freedman, Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga, 2002.

Joyce. B. dkk, Model of Teaching (Model-Model Pengajaran) edisi kedelapan. Yogyakarta: pustaka pelajar, 2009.

Anderson, O.W & Krathwohl, D. R. A, Taxonomy for Learning, Taeaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Ttaxonomy of Educational Objectives. The Addison .Wesley Longman, Inc, 2001.

Ramadhan, A, Seri Pelajaran Komputer Macromedia Flash MX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo., 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. 2011.

Togi. dkk, Implementasi Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX SMA PAB Saentis. Jurnal Inspiratif. FMIPA:Unimed, 2017.

Tasiwan. dkk, Pengaruh Advance Organizer Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Analisis-Sintesis Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI), 10(2014): 1-8, 2014.

Hatika. R.G, Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI), 12(2), 2016: 113-117.

Putriana. I. dkk, Penerapan Model Pembelajaran Advance Oerganizer Untuk Meningkatkan Pemahaman Knsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMAN 5 Banda Aceh. Proseding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP), April 13, 2017.

Pratitis. I, Binajda, Achmad, Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Bervisi Sets Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No.2, 2014, hlm 1370-1379.

Downloads

Published

2019-10-29