Pengembangan modul komputasi fisika untuk mahasiswa jurusan kependidikan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.13395

Abstract

Telah dilakukan pengembangan berupa modul petunjuk praktikum komputasi fisika yang ditujukan khusus untuk mahasiswa jurusan kependidikan. Modul ini hadir sebagai jawaban atas rumusan capaian pembelajaran yang dilakukan oleh Physical Society of Indonesia (PSI). Selain itu, modul ini juga sebagai bahan sumber belajar khususnya untuk mata kuliah komputasi fisika pada jurusan kependidikan. Modul ini dikembangkan berdasarkan hasil adaptasi model pengembangan Borg and Gall, Dick and Carey, serta Allessi and Trollip, hanya saja tahapan yang dilakukan hanya sampai tahap keenam. Hasil validasi oleh ahli materi menempatkan modul ini dalam kategori baik, sedangkan ahli media mengkategorikan nilai untuk modul ini sangat baik. Dalam rangka melihat respon pengguna, modul ini telah diujicobakan dengan skala terbatas kepada beberapa mahasiswa menggunakan instrumen USE Questionnaire. Pengguna menilai bahwa modul ini sangat baik dan layak untuk digunakan dalam perkuliahan komputasi fisika.

The development has been carried out consisting of modules on computational physics practicum intended specifically for students majoring in education. This module is present as an answer to the formulation of learning outcomes carried out by the Physical Society of Indonesia (PSI). In addition, this module is also a special learning resource for physics compatibility courses in the education department. This module was developed based on the adaptation model of Borg and Gall, Dick and Carey's development, and Allessi and Trollip, except that the development was carried out only until the sixth drunk. The results of the validation by the material expert put this module in a good category, while the media experts categorized the values for this module very well. In order to look at user responses, this module has been approved to try with a limited scale for some students using the USE Questionnaire instrument. Users consider this title very good and worthy of being used in computational physics lectures.

 

Kata kunci: modul komputasi fisika, modul praktikum

References

Borg, W. & Gall, M., 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Fitri, U. R., Desnita & Handoko, E., 2015. Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), pp. 47-54.

ITS, 2014. Pedoman Penyusunan Kurikulum 2014 -2019. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Majid, A., 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetnsi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Mulyono & Asih, T. N., 2013. Pembelajaran NHT Pada Metode Numerik dengan Bantuan Aplikasi Maple. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), pp. 190-196.

Pendidikan Fisika, T. P. K., 2015. Buku Kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta: program Studi Pendidikan Fisika FKIP UAD.

Suparno, S., 2008. Staff Universitas Indonesia. [Online]

Available at: http://staff.ui.ac.id/system/files/users/supriyanto.si/material/komputasiedisi3.pdf

[Diakses 9 Desember 2018].

T. A. P. F., 2016. Rumusan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Asosiasi Program Studi Pendidikan Fisika. Surakarta: Muhammadiya.

Wulandari, T. C., 2016. Pengembangan Modul Barisan dan Deret Berbasis Konstekstual. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, pp. 883-889.

Yanse, N. M. N., 2012. EFektivitas Metode Adams Bashforth-Moulton Order Sembilan Dalam Menganalisis Model Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Jember: FKIP Universitas Jember.

Downloads

Published

2019-04-28

Issue

Section

Articles