Analisis penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari gaya belajar siswa

Authors

  • Novi Ayu Kristiana Dewi Sistem Informasi, STMIK Pringsewu
  • Riswanto Riswanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.12643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan memaparkan, menuliskan, dan melaporkan keadaan suatu objek atau peristiwa apa adanya. Data dalam penelitian diperoleh melalui kuisioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan pustaka yang selanjutnya dilakukan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Hubermen, yaitu: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemebelajaran ekspositori yang diterapkan dalam pemebelajaran fisika yang terdiri dari siswa dengan gaya belajar heterogen, yaitu: visual sebanyak 28,33% siswa, auditorial sebanyak 35% siswa, dan kinestetik sebanyak 36,67 % dinyatakan tidak berhasil karena hanya 3,33% siswa yang tuntas belajar.

This study aims to describe and explore the expository learning on physics learning achievement reviewed of students' learning styles. This type of research is descriptive qualitative by describing, writing, and reporting the state of an object or event as it is. The data in the study were obtained through questionnaires, observations, interviews, documentation, and literature review which were then triangulated. The data analysis technique have used Miles and Hubermen, namely: data reduction, presentation, and conclusion. The results showed that expository learning strategies applied in physics learning consisted of students with heterogeneous learning styles, namely: visual as much as 28.33% students, auditory as much as 35% students, and kinesthetic as much as 36.67% were declared unsuccessful because only 3.3% of students have completed learning.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran ekspositori, pretasi belajar, dan gaya belajar

References

Riswanto and N. A. K. Dewi, Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium Untuk Mewujudkan pembelajaran Berkarakter, J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, pp. 60–65, 2017.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2010.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. 2007.

H. B. Uno, Model Pembelajaran. jakarta: Bumi Aksara.

Y. Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

S. Hatami, “Learning styles,†Elt J., vol. 67, no. 4, pp. 488–490, 2012.

D. Boby and H. Mike, Quantun Leraning. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa.

S. Windura, Be An ABsolute Genius. Jakarta: Gramedia.

A. Halim, Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat, J. Tabularasa, vol. 9, no. 2, pp. 141–158, 2012.

I. Cimermanová, The Effect of Learning Styles on Academic Achievement in Different Forms of Teaching, Int. J. Instr., vol. 11, no. 3, pp. 219–232, 2018.

C. Rose and M. J. Nicholl, Accelerated Learning for The 21st Century. Terjemahan oleh Dedy Ahimsa, Bandung: Nuansa, 22AD.

J. Situmorang, Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi, J. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 64–78, 2013.

S. N. Aini and P. Sudira, Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila, J. Pendidik. Vokasi, vol. 5, no. 1, pp. 88–102, 2015.

M. L. Crawford, Teaching Contextual: Research, Rationale and Tachniques for Improving Student Motivation and Achievemen t in Mathematics and Sciences. Texas: CCI Publishing, 2001.

N. A. K. Dewi, N. S. Aminah, and S. Sukarmin, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Dan Kreativitas Siswa,†INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 2, pp. 47–56, 2015.

A. M. Putri, Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP, Universitas Negeri Semarang, 2013.

Downloads

Published

2019-04-29

Issue

Section

Articles