Pengembangan bahan ajar fisika SMA berbasis masalah menggunakan android untuk meningkatkan kemampuan evaluasi peserta didik

Authors

  • Rizkiani Maghfirotun Istiqomah University Muhammadiyah of Purworejo
  • Eko Setyadi Kurniawan Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sriyono Sriyono Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11366

Abstract

Penelitian dan pengembangan bahan ajar Fisika berbasis masalah menggunakan aplikasi eXe-Learning dan Android ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan peningkatan kemampuan mengevaluasi peserta didik pada pembelajaran Fisika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Purworejo. Instrumen berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi produk, lembar observasi kemamampuan mengevaluasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh: validasi kelayakan bahan ajar oleh dosen ahli dan guru Fisika memperoleh skor 3,44 dalam kategori cukup baik, sedangkan uji reliabilitas menunjukkan percentage agreement sebesar 89,52%, (reliabel); hasil uji kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi selama proses pembelajaran diperoleh N-gain 0,359 pada kategori peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Fisika SMA berbasis masalah menggunakaan Android layak dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar Fisika.

The research and development of problem-based Physics teaching materials using the eXe-Learning and Android application aims to determine the feasibility and improve the students ability to evaluate in learning Physics. This study refers to the ADDIE development model. As the subject of the study were students of class X of SMA Negeri 7 Purworejo. The instruments used in the study were learning implementation sheets, product validation sheets, observation sheets for the ability to evaluate, student questionnaire responses, and learning outcome tests. Based on the data analysis of the study obtained: the feasibility validation of teaching materials by expert lecturers and Physics teachers scored 3.44 in the fairly good category, while reliability testing showed a percentage agreement of 89.52%, (reliable); the test results of students' ability in evaluating during the learning process obtained N-gain 0.359 on the medium improvement category. It can be concluded that the High School Physics teaching materials based on problems use Android appropriately and can be used as an alternative to Physics teaching materials.

 

Kata kunci: Bahan ajar, eXe-Learning, berbasis masalah, kemampuan mengevaluasi

Downloads

Published

2019-04-25

Issue

Section

Articles