ANALISIS PENGARUH INDEKS KINERJA DOSEN TERHADAP PRESTASI NILAI MATAKULIAH MENGGUNAKAN FUZZY QUANTIFICATION THEORY I
Abstract
Implementasi penjaminan mutu akademik tentu saja berkaitan erat dengan pelaku utama proses akademik di sebuah perguruan tinggi, yaitu dosen. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi kinerja dosen. Indeks kinerja dosen (IKD) UIN terdiri dari tiga komponen penilaian, yaitu meliputi : Kehadiran mengajar dikelas (K1) sebesar 30%, Ketepatan waktu penyerahan nilai (K2) sebesar 30% dan Penilaian mahasiswa (K3) sebesar 40%. Selain penilaian mahasiswa yang bersifat kualitatif, IKD juga dipengaruhi oleh variabel kehadiran dosen dalam mengajar dan ketepatan penyerahan nilai, yang jelas terukur. Untuk menghubungkan antara faktor kualitatif dan kuantitatif, dapat digunakan fuzzy quantification theory I. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel data adalah multistage random sampling dan analisis data dengan fuzzy quantification theory untuk menentukan seberapa besar faktor-faktor kualitatif penilaian mahasiswa dan kehadiran dosen mempengaruhi prestasi nilai matakuliah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks kinerja dosen (hasil penilaian mahasiswa dan jumlah kehadiran mengajar dosen ) hanya mampu memberikan pengaruh terhadap prestasi nilai matakuliah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sebesar 68,58 %. Disiplin terhadap ketepatan waktu kuliah dan kemampuan dosen untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap prestasi nilai matakuliah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Pengaruh ini akan sangat kuat apabila kehadiran dosen mengajar lebih dari 10 kali.
Kata kunci: multistage random sampling, fuzzy quantification theory, fuzzy group, kualitatif.Â
References
Alves, Carlos Pinto Dias, “Fuzzy Models in Credit Risk Analysisâ€, Studies in Computational Intelligence (SCI) 36, hal 353–367, 2007
Budiarto. “Metodologi Penelitian Kedokteran, sebuah pengantarâ€. Jakarta, EGC, 2003
Kusumadewi, S., dan Purnomo, H. “Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusanâ€, Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 2004.
Kusumadewi, Sri. , “Fuzzy Quantification Theory I untuk Analisis Hubungan Antara Penilaian Kinerja Dosen dan Nilai Kelulusan Mahasiswaâ€, Media Informatika, Vol. 2, No. 1, Juni 2004, hal 1-10, ISSN: 0854-4743, 2004.
Setiyoko, Annas Singgih., Ciptomulyo, Udisubakti., Gunarta, Ketut., “Pendekatan Fuzzy AHP dan Fuzzy MCDM untuk Pengalokasian Fasilitasâ€, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi I ISBN : 979-99302-0-0 25-26, Edisi Pebruari, Program Studi Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2005.
Terano, Thosiro, Kiyoji Asai dan Michio Sugeno., “Fuzzy Systems Theory and Its Applicationsâ€, London : Academic Press. 1992.
Yamita, Novi, “Sistem Pendukung Pengambilan Kepuusan Strategi Pelayanan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan Menggunakan Logikaâ€, 2005.
Zadeh, L.A., “Fuzzy sets Information and Controlâ€, Vol. 8, pp. 338-353, 1965.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Informatika (JIFO) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.