MEMBANGUN SISTEM PEMBELAJARAN PENGENALAN BENTUK UNTUK ANAK BERBASIS MULTIMEDIA DAN GAME INTERAKTIF

Authors

  • Fiftin Noviyanto Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

Aplikasi pembelajaran pengenalan bentuk untuk anak ini adalah suatu aplikasi pembelajaran pengenalan bentuk pada anak pra TK dengan bantuan komputer. Aplikasi ini merupakan suatu media pembelajaran mengenal bentuk yang terdiri dari bagian tutorial dalam bentuk permainan serta bagian evaluasi. Didalam membuat suatu Aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia ini, diperlukan suatu program yang mampu mengkombinasikan teks, grafik, suara dan animasi. Informasi dalam bentuk multimedia juga lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks. Untuk mewujudkan hal tersebut digunakan perangkat lunak Macromedia Flash MX untuk membuat perangkat lunak ini. Pengujian sistem dengan black box test dan alfa test. Hasil uji coba sistem menujukkan bahwa aplikasi ini menarik minat anak belajar bentuk dengan permainan menggunakan multimedia yang interaktif, gambar dengan suara sehingga tidak membosankan, serta game yang dapat mengalihkan kejenuhan saat belajar.

Kata kunci : Pembelajaran, Bentuk, Game, Macromedia Flash MX.

References

Dimyati, Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Eileen Rachman, 2005, Mengoptimalkan Kecerdasan Anak, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fieldman, W., 2002, Mengatasi Gangguan Belajar Pada Anak, Prestasi Pustaka,

Jakarta.

Lemay, Laura, 1997, Desain Grafik Dan Halaman Web, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Nasution, S., 2000, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Santoso, I., 1997, Interaksi Manusia Dan Komputer Teori Dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta.

Suciadi, Andreas Andi, 2003, Menguasuai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Suyanto, M., 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset, Yogyakarta

Downloads

Published

2008-01-01

Issue

Section

Articles