APIKASI PEMANDU MUSEUM GUNUNGAPI MERAPI (MGM) DENGAN KONSEP LAYANAN BERBASIS LOKASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN QR CODE

Authors

  • Aminudin Rais ProgramStudi TeknikInformatika UniversitasAhmadDahlan Jl. Prof.Dr.Soepomo,Janturan,Yogyakarta 55164
  • Herman Yuliansyah ProgramStudi TeknikInformatika UniversitasAhmadDahlan Jl. Prof.Dr.Soepomo,Janturan,Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.26555/jifo.v9i2.a2964

Abstract

Museum  Gunungapi  Merapi (MGM) merupakan  wahana  wisata  yang dirancang sebagai  wahana  edukasi  konservasi  yang  berkelanjutan  serta  pengembangan  ilmu kebencanaan  gunung  api,  gempa  bumi,  dan  bencana  alam  lainnya. Terbatasnya media informasi yang terdapat di Museum Gunungapi Merapi menyebabkan pengunjung mengalami kesulitan dalam memahami informasi dan ditambah lagi perlu adanya tour guide untuk mendapatkan informasi lebih tentunya dengan berbagai keterbatasan, sehingga perlu dikembangkan aplikasi yang dapat membantu pengunjung untuk memudahkan akses informasi di lingkungan Museum Gunungapi Merapi. Penelitian ini menggunakan model proses pengembangan sistem Waterfall diawali dengan tahap analisis definisi persyaratan yaitu analisis kebutuhan. Dilanjutkan dengan tahap perancangan sistem dan perangkat lunak yaitu perancangan proses dan perancangan interface. Kemudian Implementasi sistem menggunakan ADT dan CodeIgniter. Pengujian yang dilakukan pada aplikasi menggunakan metode black box test, dan pengujian kecepatan pemindaian QR Code. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi MGM Apps (frontend) yang digunakan pengunjung untuk mengakses informasi dengan melakukan pemindaian QR Code dan Web Administrator MGM (backend) digunakan oleh pengelola museum untuk mengelola informasi. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci: Museum Gunungapi Merapi,QR Code, Sistem Layanan Berbasis Lokasi.

Downloads

Published

2015-07-01

Issue

Section

Articles