RANCANG BANGUNG PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA SMP ST. IGNATIUS MEDAN
Abstract
Inovasi di dalam bidang pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik, untuk menjadikan materi yang mereka sampaikan menjadi lebih menarik. Pada saat ini sudah berkembang perangkat lunak pembelajaran berbasis Compuster Assisted Instruction yang merupakan suatu perangkat lunak pembelajaran berbasis multimedia sehingga akan meningkatkan daya tarik peserta didik di dalam mendalami suatu materi pembelajaran. Suatu materi pembelajaran yang sulit akan menjadi lebih menarik jika menggunakan pendekatan Computer Assisted Instruction. Pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat lunak pembelajaran Fisika SMP berbasis Computer Assisted Instruction pada SMP St. Ignatius Medan. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) yang merupakan suatu medotologi perancangan yang sangat baik karena mengidentifikasikan dengan baik kebutuhan pemakai. Bentuk implementasi penelitian ini adalah merancang suatu program pembelajaran Fisik pada tingkat SMP. Program dapat menampilkan materi, contoh perhitungan, dan contoh-contoh soal yang berhubungan dengan topik massa dan volume, kecepatan tetap, serta gaya dan tekanan.
Kata Kunci: Perangkat Lunak, Computer Assisted Instruction, System Development Life CycleDownloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Informatika (JIFO) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.