ANALISIS MUTU PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • - Darsih Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Indramayu Jl. Lohbener Lama No. 08, Lohbener, Indramayu 45252.

DOI:

https://doi.org/10.26555/jifo.v9i2.a2960

Abstract

Menilai mutu e-learning matakuliah untuk mengukur keberhasilan sistem e-learning dalam pembelajaran secara online sangat penting, dengan pembelajaran menggunakan e-learning cukup efktif dan efisien, sebagai media belajar didalam kelas. Pembelajaran e-learning dapat dinilai secara online barbasis web dengan mengisi pertanyaan berdasarkan variable aspek pengelolaan pembelajaran e-learning yang nilainya direpresentasikan dengan skala likert antara 1 sampai dengan 5, dari analisis pembalajaran e-learning matakuliah yang diuji, Setiap pembelajaran e-learning matakuliah memiliki keunggulan yang berbeda-beda pada masing-masing variable.Studi kasus yang dilakukan pada empat e-learning matakuliah dengan sample 133 orang/ responden sebagai pengguna e-learning matakuliah tersebut. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil baik untuk nilai e-learning dari setiap matakuliah yang diuji. Selain itu setiap e-learning matakuliah memiliki keunggulan yang berbeda-beda dari variabel tertentu.

Kata Kunci : E-Learning, Kuesioner, Mengukur, Skala Likert

Downloads

Published

2015-07-01

Issue

Section

Articles