RANCANG BANGUN E-LEARNING BAHASA INGGRIS UNTUK DESA WISATA KEJI UNGARAN
Abstract
Penguasaan Bahasa asing khususnya bahasa Inggris di desa wisata sangat penting khususnya di desa wisata Keji, Ungaran Kab.Semarang. Model pembelajaran yang dilakukan selama ini cenderung mandiri dan tidak terstruktur, menyebabkan penguasaan terhadap bahasa Inggris tidak optimal. Maka dari itu perlu dibanguan sebuah aplikasi e-Learning Bahasa Inggris berbasis Web dengan materi dan model pengajaran layaknya di kelas. Aplikasi ini dibangun menggunakan framework Code Igniter dan basis data MySQL. Dengan cakupan materi tata bahasa, percakapan dan tenses.Pada pengujian sistem dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui pengujian fungsionalitas dan pengujian tingkat kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berjalan dengan baik pada jaringan internet yang diakses dengan beberapa browser web dan tingkat kepuasan pengguna aplikasi ini mencapai 86,6%. Dengan penerapan e-Learning ini dapat membantu warga desa Keji dalam mempercepat dan memudahkan belajar bahasa Inggris secara terstruktur melalui media internet.References
Pribadi,Arif. 2012. Internet Jelajahi Sekolah-Sekolah Terpencil.http://kominfo.go.id (Diakses tanggal : 8 Juli 2012)
http://www.elearning.sman4-smg.sch.id
http://www.elearning.unpad.ac.id
Romi Satria Wahono, “Pengantar E-learning dan pengembangannya,â€2005
Turino, Yuliman Purwanto, Arief Soeleman, “E-learning Bahasa Inggris Berbasis Web,†Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2, Oktober 2009, ISSN 1414-9999
Published
2013-01-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Informatika (JIFO) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.