Peran Kepemimpinan Chief Information Officer (CIO) dalam Penyelerasan Strategi TI dan Bisnis

Authors

  • Hari Susanto Program Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM
  • Muhammad Andi Program Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada perusahaan atau organisasi sudah banyak dilakukan. Namun demikian penggunaannya masih sebatas pada tingkat teknis atau operasional dan belum sepenuhnya mendukung proses bisnis yang ada.  Dibutuhkan seorang CIO yang mampu menyeleraskan strategi TI dengan strategi bisnis agar perusahaan atau organisasi mampu bertahan hidup di lingkungan bisnis yang kompetitif. Namun ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh seorang CIO, salah satunya terdapat “dinding pemisah†antara CIO dan staf TI. Dibutuhkan peran kepemimpinan CIO dan kompetensi soft skill sehingga bisa menghilangkan sekat pemisah demi terwujudnya keselarasan strategi TI dan bisnis yang lebih matang.

Author Biographies

Hari Susanto, Program Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM

Program Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM

Muhammad Andi, Program Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM

Program Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM

References

Bacon, C.J. (1992).â€The Use of Decision Criteria in Selecting Information System/Technology Investmentâ€. MIS Quaeterly, 16(3), 335-353.

Caroselli, M,(2000).â€Leadership Skill for Managersâ€, McGraw-Hill, New York.

Clark, Donald R.,(2004), “Leadership Stylesâ€.http://www.nwlink.com/~donclark/leader/leadstl.html tgl.11-12-2012.

Daff, Richard L, (2005).â€The Leadership Experienceâ€, Thomson Canada.

Earl, M. J., (1992), “Putting IT in its place: A Polemic for the Ninetiesâ€Journal of Information Technology, vol. 7, pp. 100-108M.

Gibson, J.L at all.(2006),†Organizations:behavior, structure, Prossessesâ€, McGrawHill Boston.

Gunasekaran, A., Love, P.E.D, Rahimi, F., & Miele, R. (2001).â€A Model for Invesment Justification in Information Technology Projectsâ€. International Journal of Information Management, 21 (5), 349-364.

Henderson, J.C, Venkatraman, N. (1992)†Strategic Alignment : a model for organisational transformation through information technologyâ€, In Transforming Organization, Kochan, T.A and Useem , M (eds), Oxford University Press, Oxford

and New York.

Kartono, Kartini (1994),â€Kepemimpinan dan Pemimpinâ€,Rajawali Press, Jakarta.

Luftman, J and Brier, T (1999),â€Achieving and Sustaining Business-IT Alignmentâ€, California Management Review, hal.109-122.

Luftman, J. and Ben-Zvi, T (2010).â€Key Issues for IT Executives (2009 : Difficult Economy’s Impact on IT ,â€MIS Quarterly Executive,9, hal 1-10.

Luftman, J (2004).â€Managing the Information Technology Resourcesâ€, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Luftman, J and Kempaiah, R. (2007),â€An Update on Business-IT Alignment : a line has been drawnâ€, MIS Quarterly Executive, 6(3), 165-177.

Lutchen,and Mark,D.,(2004).†Managing IT as a Businessâ€, John Wiley & Sons, Inc.

McLeod, JR. Raymond dan George P.Schell.(2004).â€Management Information Systemâ€, 9th Edition, Prentice Hall, Inc.

Nanus, Burt and Stephen M. Dobbs. (1999),†Leaders Make Different Strategies for Meeting the Non Profit Challengeâ€, Jossey bass , San Francisco.

Porter, M.E. (1996),â€What is Strategyâ€. Harvard Business Review, 74 (6), 61-78.

Siagian, S, P. (1993).â€Teori dan Praktek Kepemimpinanâ€,Rineka Cipta, Jakarta.

Spillane, James P, (2006).†Distributed Leadershipâ€, San Francisco: Jossey Bass,

Sprague, and Barbara, C. M. N.,(1993).â€Information Systems Management in Practiceâ€, Englewood cliffs. Prentice-Hall, Inc: New Jersey.

Stuart, Robert D. and Barbara B. Morgan. (2002),â€Library and information centre management,†USA: Library Unlimited.

Ward, J. and Peppard, J. (2002),â€Strategic Planning for Information Systemsâ€, Third Edition, John Wiley & Sons, Canada.

Wagner, H.T., Beimborn, D., Frangke, J., and Weitzel, T. (2006).â€IT –Business Alignment and IT Usage in Operational Processes : a retail banking caseâ€

Procedding of 39th Hawaii International Conference on System Science, hal.1-9

Downloads

Published

2013-01-01

Issue

Section

Articles