PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN STRES PADA DIFABEL BUKAN BAWAAN

Authors

  • Dewi Kapliani

DOI:

https://doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3205

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan stres pada difabel bukan bawaan. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi menurunkan stres pada difabel bukan bawaan. Subjek penelitian ini adalah difabel bukan bawaan sebanyak tiga orang yaitu satu orang perempuan dan dua orang laki-laki. Rancangan penelitian ini adalah single case experimental design dengan desain A-B-A with Follow Up. Metode penelitian menggunakan metode campuran (mixed methode) sehingga analisis datanya dari hasil kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kategori stres pada semua subjek setelah diberikan pelatihan regulasi emosi. Hasil penelitian tersebut didukung oleh hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan subjek dapat mengelola emosi dengan baik dan mengekspresikannya dengan tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi emosi dapat menurunkan stres pada difabel bukan bawaaan. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima.
Kata kunci: pelatihan regulasi emosi, stres, difabel bukan bawaan.

Downloads