PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN STRES PADA DIFABEL BUKAN BAWAAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3205Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan stres pada difabel bukan bawaan. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi menurunkan stres pada difabel bukan bawaan. Subjek penelitian ini adalah difabel bukan bawaan sebanyak tiga orang yaitu satu orang perempuan dan dua orang laki-laki. Rancangan penelitian ini adalah single case experimental design dengan desain A-B-A with Follow Up. Metode penelitian menggunakan metode campuran (mixed methode) sehingga analisis datanya dari hasil kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kategori stres pada semua subjek setelah diberikan pelatihan regulasi emosi. Hasil penelitian tersebut didukung oleh hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan subjek dapat mengelola emosi dengan baik dan mengekspresikannya dengan tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi emosi dapat menurunkan stres pada difabel bukan bawaaan. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima.
Kata kunci: pelatihan regulasi emosi, stres, difabel bukan bawaan.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.