KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN ORIENTASI MASA DEPAN BIDANG PENDIDIKAN PADA REMAJA SMP 4 PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3204Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan orientasi masa depan bidang pendidikan pada remaja. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala orientasi masa depan bidang pendidikan, wawancara dan observasi. Intervensi yang digunakan adalah konseling singkat berfokus solusi (KSFS). Intervensi ini dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan, yang masing-masing pertemuan dilakukan 3 kali dalam sepekan. Subjek dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi siswa kelas VIII & IX SMP 4 Pandak, Bantul yang berjumlah 214 siswa. Hasil screening sekaligus sebagai pretest yaitu 64 siswa memiliki orientasi masa depan bidang pendidikan dalam kategori sedang. Hasil pretest selanjutnya dilakukan pemilihan dengan cara random untuk mendapatkan dua kelompok, yaitu 10 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil pengolahan data secara empiric menyatakan bahwa skor orientasi masa depan bidang pendidikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum diberikan intervensi konseling singkat berfokus solusi berada pada kategori yang sama (homogenitas). Kesimpulan penelitian ini dengan pengolahan data Uji Mann-Whitney dan Wilcoxon menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan orientasi masa depan bidang pendidikan yang sangat signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi konseling singkat berfokus solusi, (2) bahwa intervensi konseling singkat berfokus solusi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan orientasi masa depan bidang pendidikan pada kelompok eksperimen, (3) Aspek Perencanaan memberikan kontribusi tertinggi pada peningkatan Orientasi Masa Depan bidang pendidikan sebesar 7,7 satuan dibandingkan dengan Aspek Motivasi dan Aspek Evaluasi.
Kata Kunci : remaja, orientasi masa depan, konseling singkat berfokus solusi.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.