PELATIHAN KETERAMPILAN PENGASUHAN AUTIS UNTUK MENURUNKAN STRES PENGASUHAN PADA IBU DENGAN ANAK AUTIS

Authors

  • Ari Pamungkas Pamungkas

DOI:

https://doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3201

Abstract

INTISARI - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan
keterampilan pengasuhan autis untuk menurunkan stres pengasuhan pada ibu
dengan anak autis. Karakteristik subjek penelitian adalah ibu yang memiliki anak
autis, belum pernah mengikuti pelatihan ini, berusia 25 – 45 tahun, dan hasil skor
skala parenting stress index-short form (PSI-SF) tinggi dan sedang. Penelitian
menggunakan metode mixed methods dengan tipe sequential explanatory. Uji
analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS for
windows 16.0. analisis kualitatif menggunakan teknik observasi dan wawancara.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan nonrandomized pretest-postest control
group design. Kelompok terdiri dari kelompok perlakuan dan kontrol. Subjek
mendapat perlakuan pelatihan keterampilan pengasuhan autis selama dua hari.
Variabel dalam penelitian ini adalah pelatihan keterampilan pengasuhan autis dan
variabel tergantung adalah stres pengasuhan. Hasil analisis dengan uji Mann
Whitney menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai Z = -2,337 dengan nilai
p = 0,19 (p<0,05). Hasil dari uji Friedman pada kelompok eksperimen diperoleh
hasil signifikan dengan nilai chi-square sebesar 8,000 dan dan p = 0,018 (p<0,05),
dan pada kelompok kontrol diperoleh hasil tidak signifikan dengan nilai chisquare
sebesar 5,571 dan p = 0,062 (p>0,05). Kesimpulan menunjukkan tingkat
stres pengasuhan pada ibu dengan anak autis mengalami penurunan setelah
diberikan intervensi pelatihan keterampilan pengasuhan autis.
Kata kunci: pelatihan keterampilan pengasuhan autis, stres pengasuhan, ibu
dengan anak autis

Downloads