PENGARUH WARNA CANGKIR TERHADAP PERSEPSI CITA RASA TEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa teh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen complete counterbalancing. Subjek penelitian ini adalah laki-laki dan perempuan usia antara 17-25 tahun. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Rasa. Bentuk skala berupa aitem ganda dengan diferensiasi semantik. Teknik diferensiasi semantik dirancang untuk mengungkap afek atau perasaan yang berkaitan dengan suatu objek sikap. Skor aitem bergerak dari nilai satu (tidak favorabel) hingga tujuh (sangat favorabel). Metode analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Berdasarkan uji anava dua jalur didapat taraf signifikansi sebesar p=0,035 (p<0,05), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara warna cangkir terhadap persepsi cita rasa. Warna hijau secara signifikan mempengaruhi persepsi cita rasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa teh. Dalam hal ini menunjukkan bahwa cangkir berwarna hijau meningkatkan persepsi cita rasa pada teh.
Kata Kunci : persepsi, persepsi cita rasa, warna
Full Text:
PDFCopyright (c) 2021 Dimas Yanuar Langgeng, Herlina Siwi Widiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
================================================================================================
ISSN 2303-114X (print) || 2714-786X (online)
Organized by the Faculty of Psychology
Published by Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY
email: empathy.jfp@psy.uad.ac.id
Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional