PENGARUH WARNA CANGKIR TERHADAP PERSEPSI CITA RASA TEH
DOI:
https://doi.org/10.12928/empathy.v1i2.3002Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa teh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen complete counterbalancing. Subjek penelitian ini adalah laki-laki dan perempuan usia antara 17-25 tahun. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Rasa. Bentuk skala berupa aitem ganda dengan diferensiasi semantik. Teknik diferensiasi semantik dirancang untuk mengungkap afek atau perasaan yang berkaitan dengan suatu objek sikap. Skor aitem bergerak dari nilai satu (tidak favorabel) hingga tujuh (sangat favorabel). Metode analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Berdasarkan uji anava dua jalur didapat taraf signifikansi sebesar p=0,035 (p<0,05), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara warna cangkir terhadap persepsi cita rasa. Warna hijau secara signifikan mempengaruhi persepsi cita rasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa teh. Dalam hal ini menunjukkan bahwa cangkir berwarna hijau meningkatkan persepsi cita rasa pada teh.
Kata Kunci : persepsi, persepsi cita rasa, warna
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.