Motivasi Terhadap Compose New Tweet pada Jejaring Sosial Twitter

Authors

  • Febri Sulistya Purnama Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
  • Eko Setyo Pratomo Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/empathy.v1i1.2999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi compose new tweet pada jejaring sosial twitter. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang menjadi mendorong motivasi terkait dengan compose new tweet. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Melibatkan 5 orang subjek yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam compose new tweet dalam hal pemenuhan kebutuhan psikologisnya. Masing-masing subjek penelitian menunjukkan adanya motivasi untuk memenuhi setiap tingkat kebutuhan psikologis yang diperlukan oleh individu. Kesimpulan dari penelitian ini memadukan teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow dan teori ERG dari Alderfer, dari kelima tingkatan hirarki Maslow subjek laki-laki lebih bersinggungan dengan tingkatan kebutuhan akan penghargaan dan subjek perempuan lebih ke arah tingkatan kebutuhan akan kasih sayang dan saling memiliki diantara kelompok sosialnya.

Kata kunci : Compose new tweet, Twitter, Motivasi

Downloads