PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Ani Susanti Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
  • Erlina Listiyanti Widuri Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/empathy.v1i1.2998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri pada anak Taman Kanak-kanak dan dinamika penyesuaian diri pada anak Taman Kanak-kanak. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga anak TK di  dua TK. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan analisis tema. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi struktur, observasi non partisipan dan kajian dokumentasi. Penelitian ini juga melengkapi data dengan wawancara kepada significant person sebagai triangulator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri pada anak Taman Kanak-kanak adalah faktor psikologis, lingkungan prenatal, pengalaman belajar, kondisi lingkungan, pola asuh orantua/keluarga. Faktor tersebut lebih didominasi oleh faktor eksternal. Dinamika Penyesuaian diri pada anak Taman Kanak-kanak diawali dari adanya kecemasan dari anak saat berpisah dengan orangtuannya, menangis, dan penarikan pada awal masuk sekolah. Adanya kerjasama guru dengan orangtua dalam memberikan motivasi dan pendampingan yang lebih intensif menjadikan anak mulai dapat menyesuaikan diri di sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa faktor eksternal lebih mempengaruhi penyesuaian diri pada anak Taman Kanak-kanak. Dinamika penyesuaian diri pada anak yang awalnya memiliki penyesuaian diri yang kurang, dengan adanya kerjasama guru dengan orangtua dalam memberikan motivasi dan pendampingan yang lebih itensif menjadikan anak  mulai dapat menyesuaikan diri di sekolah.

Kata kunci : penyesuaian diri, taman kanak-kanak

Downloads