Peranan guru PKn dalam mengatasi perilaku siswa broken home di SMP YP Mustika Padalarang
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v1i1.9293Keywords:
peranan guru, pendidikan kewarganegaraan, perilaku siswa, broken homeAbstract
Tulisan ini membahas secara kualitatif peranan dan upaya guru PKn dalam mengatasi perilaku siswa broken home di sekolah. Siswa yang kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tua, baik karena tinggal berjauhan dengan orang tua, ditinggal menjadi TKI di luar negeri, maupun karena perceraian orang tua, cenderung memiliki sikap yang negatif. Mereka malas-malasan dalam belajar, menyendiri, agresif, bolos sekolah, menentang guru, merokok, tidak rapi, tidak disiplin waktu, bergabung dengan komunitas yang negatif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara kepada informan terpilih. Hasilnya menunjukkan bahwa peranan dan upaya guru PKn dalam mengatasi perilaku siswa broken home adalah dengan mengembangkan materi, metode, media, sumber dan evaluasi pembelajaran PKn yang dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, guru juga menjadi teladan yang baik untuk siswa-siswanya.
References
Meggitt, C. (2013). Memahami perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.
Nasution, S. (2003). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=qwIrnQEACAAJ
Omoruyi, I. V. (2014). Influence of broken homes on academic performance and personality development of the adolescents in Lagos State Metropolis. European Journal of Educational and Development Psychology, 2(2), 10–23.
Rusyan, A. T. (1990). Profesionalisme tenaga kependidikan. Bandung: Yayasan Karya Sarjana Mandiri.
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Savitri, D. I., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Peran keluarga dan guru dalam broken home di usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 2016.
Somantri, M. N. (1976). Metode mengajar Civics. Jakarta: Erlangga.
Yusuf LN, S. (2007). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.