Komparasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta

Gustin Gustin, Susena Susena

Abstract


Untuk meningkatkan pembelajaran PKn guru harus memiliki strategi yang efektif dalam pembelajaran. Siswa akan bosan dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru menggunakan strategi-strategi pembelajaran yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan. Guru harus dapat berpikir inovatif, kreatif, dan efektif dalam menerapkan strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta, dan komparasi strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta.

Subjek penelitiannya guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta. Objek penelitiannya strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta menggunakan strategi yang sama yaitu strategi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Komparasi dari pendekatan pembelajaran oleh guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta terletak pada cara memahami karakter peserta didik yang berbeda-beda di kelas, strategi penyampaian materi pada karakter materi di ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta strategi penyampaian materi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik antara guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta. Komparasi antara keduanya juga terdapat pada strategi yang dilakukan oleh guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta dalam meningkatkan kompetensi civic knowladge, civic skills, dan civic dispositions peserta didik.


Keywords


Strategi; Peningkatan; Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Aar, Dita, dkk. (2009). Warna Warni Homeschooling. Jakarta: Elek Media Komputindo

Alwasilah, Chaedar. (2002). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya

Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Gafur, Abdul. (2007). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional UNY

Mufarrokah,Anissatul. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras

Moleong, J Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

¬¬¬________(2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

_______ (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Rahman, Maman. (1999). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press

Sadiman, S Arief. (1993). Dasar-Dasar Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Seels, B Barbara dan Rita C. Richey. (1994). Teknologi Pembelajaran Defisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Zulfa, Umi. (2010). Strategi Pembelajaran. Cilacap: Al Ghazali Press

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional RI No.107/MP/MS/2006

Website

(http://www.infodiknas.com/fkip-unisma-pendidikan-formal-pendidikan-non-formal-dan-pendidikan-informal/). diunduh tanggal 3 februari 2012.

(http://www.maswins.com/2010/05/artikel-strategi-pembelajaran.html). Diunduh tanggal 4 februari 2012.

(http://www.homeschooling-primagama.com/). Diunduh tanggal 1 Mei 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.9272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gustin Gustin, Susena Susena

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter