Komparasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.9272Keywords:
Strategi, Peningkatan, KompetensiAbstract
Untuk meningkatkan pembelajaran PKn guru harus memiliki strategi yang efektif dalam pembelajaran. Siswa akan bosan dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru menggunakan strategi-strategi pembelajaran yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan. Guru harus dapat berpikir inovatif, kreatif, dan efektif dalam menerapkan strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta, dan komparasi strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta.
Subjek penelitiannya guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta. Objek penelitiannya strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta menggunakan strategi yang sama yaitu strategi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Komparasi dari pendekatan pembelajaran oleh guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta terletak pada cara memahami karakter peserta didik yang berbeda-beda di kelas, strategi penyampaian materi pada karakter materi di ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta strategi penyampaian materi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik antara guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta. Komparasi antara keduanya juga terdapat pada strategi yang dilakukan oleh guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta dalam meningkatkan kompetensi civic knowladge, civic skills, dan civic dispositions peserta didik.
References
Aar, Dita, dkk. (2009). Warna Warni Homeschooling. Jakarta: Elek Media Komputindo
Alwasilah, Chaedar. (2002). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya
Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Gafur, Abdul. (2007). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional UNY
Mufarrokah,Anissatul. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras
Moleong, J Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
¬¬¬________(2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
_______ (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Rahman, Maman. (1999). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press
Sadiman, S Arief. (1993). Dasar-Dasar Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Seels, B Barbara dan Rita C. Richey. (1994). Teknologi Pembelajaran Defisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Zulfa, Umi. (2010). Strategi Pembelajaran. Cilacap: Al Ghazali Press
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional RI No.107/MP/MS/2006
Website
(http://www.infodiknas.com/fkip-unisma-pendidikan-formal-pendidikan-non-formal-dan-pendidikan-informal/). diunduh tanggal 3 februari 2012.
(http://www.maswins.com/2010/05/artikel-strategi-pembelajaran.html). Diunduh tanggal 4 februari 2012.
(http://www.homeschooling-primagama.com/). Diunduh tanggal 1 Mei 2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.