Generasi milenial dan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i2.18963Keywords:
warganet, Pancasila, konten, generasi milenialAbstract
Artikel ini bertujuan mengelaborasi pandangan generasi milenial terhadap nilai-nilai Pancasila di media sosial. Dikarenakan konten yang bermaterikan nilai-nilai Pancasila di media sosial sangat jarang ditemui. Padahal konten Pancasila berperan sebagai sarana efektif untuk memperkenalkan dan memperkuat pemahaman generasi milenial terhadap nilai-nilai Pancasila. Minimnya konten Pancasila di media sosial, berdampak pada semakin jauhnya generasi milenial dalam pengamalan nilai luhur Pancasila sebagai pegangan hidup bersama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berbasis pada data percakapan warganet di platform Twitter. Artikel ini berpendapat bahwa generasi milenial sangat membutuhkan konten Pancasila di media sosial. Artikel ini juga berpendapat bahwa dibutuhkan peran para aktor warganet dalam ikut memproduksi dan memperkuat konten berbasis Pancasila di media sosial.
References
Adji, W. S., Bashith, A., Nasith, A., & Amin, S. (2019). Identification of Social Symptoms Using the Drone Emprit Academic as a Support for Statistical Literacy. Abjadia: International Journal of Education, 04(02), 97–106. https://doi.org/10.18860/abj.v4i2.8412
Arianto, B. (2015a). Kampanye Kreatif dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, 19 (1), 16-39.
Arianto, B. (2020b). Salah Kaprah Ihwal Buzzer : Analisis Percakapan Warganet di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan (JIIP) Undip, 5 (1), 1–20.
Arianto, B. (2020c). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51-65.
Arianto, B. (2020d). Pemanfaatan Aplikasi Drone Emprit Academic dalam Menganalisis Opini Publik di Media Sosial. Journal of Social Politics and Governance, 2(2), 177-191.
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.
Bowman, B. S., & Willis, C. (2003). We Media: How audiences are shaping the future of news and information. California: The Media Center at the American Press Institute.
Damanhuri, et al., (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).
Effendi, F. P., & Dewi, D. A. (2021). Generasi Milenial Berpancasila di Media Sosial. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 116-124.
Emillia, E. (2020). Penguatan Sila Ketiga Pancasila Sebagai Solusi Untuk Menghadapi Penyebarluasan Content Berunsur SARA Di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 1-10.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Fahmi. I. (2019). Drone Emprit Academic: Software for Social Media Monitoring and Analytics. Available at http://uii.ac.id
Katadata.com. (2017). Polisi Bongkar Sindikat Saracen Penyebar Kebencian di Media Sosial. Diakses 31 Desember 2019.. www.Katadata.Com. https://katadata.co.id/berita/2017/08/23/polisi-bongkar-sindikat-saracen-penyebar-kebencian-di-media-sosial
Kominfo.go.id. (2016). Mengenal Generasi Milenial. Diakses 30 Desember 2019. https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media
Loader, B. D., & Mercea, D. (2011). Networking democracy? Social media innovations and participatory politics. Information, Communication & Society, 14(6), 757-769.
Muharam, R.S., & Prasetyo, D. (2021). Pemanfaatan Media Youtube untuk Mendukung E-Learning Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4 (1), 1-12.
Pratama, A. Y., & Noventari, W. (2018). Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila: Kajian Historis Dari Demokrasi Terpimpin Hingga Era Millenial. Seminar Nasional PKn UNNES (Vol. 2, No. 1, pp. 1-15).
Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78-87.
Susanto, H. (2018). Pendidikan karakter di Era Milenial. Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaan IV, 15-21).
Suwandi, N. P., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Untuk Membangun Karakter Generasi Muda. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(10), 1-6.
Triastuti, R. (2019). Teachers and technology: The perspective of digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 22-28.
Wulandari, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Membumikan Pancasila Bagi Karakter Penerus Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 926-930.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.