Penguatan ideologi Pancasila di kalangan peserta didik MTsN I Pati

Authors

  • Siti Alfiatun MTs Negeri I Pati

DOI:

https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i1.17998

Keywords:

ideologi, Pancasila, nilai, siswa, nilai Pancasila

Abstract

Sebuah ideologi, selain memiliki aspek ideal berupa ide, pemikiran, dan nilai yang dianggap dapat diterima, ideologi juga harus memiliki norma yang eksplisit. Sebab, sebuah doktrin harus bisa diwujudkan dalam kehidupan nyata. Era reformasi telah melahirkan perubahan signifikan yang terjadi dalam pengalaman sosial, ekonomi, politik, bahkan termasuk dalam dunia pendidikan. Pancasila mulai tergeser ketika terjadi krisis yang mengakibatkan keterpurukan hampir di semua bidang kehidupan. Nilai-nilai Pancasila yang perlu diteruskan secara turun-temurun dapat melalui pendidikan PPKn di sekolah. Pengetahuan tentang Pancasila dalam kurikulum saat ini menjadi mata pelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan Pancasila di sekolah. Pendidikan dan Kewarganegaraan Pancasila merupakan salah satu cara untuk menanamkan akhlak dan wawasan pribadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah seberapa jauh tingkat pengetahuan dan pemahaman Ideologi Pancasila dikalangan mahasiswa bagaimana solusi untuk memperkuat Ideologi Pancasila dikalangan mahasiswa. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh peneliti melalui kuesioner atau kuesioner. Kuesioner atau kuesioner yang digunakan didasarkan pada cara menjawab kuesioner atau kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua responden mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara signifikan.

Downloads

Published

2020-06-15

Issue

Section

Articles