Upaya peningkatan karakter cinta damai peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Authors

  • Mulyani Mulyani
  • Sumaryati Sumaryati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.17990

Keywords:

karakter, cinta damai, peserta didik, etika

Abstract

Karakter cinta damai peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta belum terwujud dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan masih ada beberapa peserta didik yang kurang sopan terhadap guru dan karyawan (etika kurang baik), masih ada salah satu dari mereka yang membolos, kemudian segala hal perbedaan selalu menimbulkan masalah. Padahal SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah berupaya meningkatkan karakter cinta damai. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya dan hambatan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam meningkatkan karakter cinta damai peserta didik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada Kepala Sekolah, Waka kesiswaan, Guru BK dan Guru Kelas (PPKn & PAI). Selain metode wawancara juga menggunakan observasi untuk meneliti apakah hasil wawancara sesuai dengan yang di observasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dengan cara membandingkan hasil wawancara antara narasumber yang satu dengan narasumber yang lain. Data kemudian dianalisis dan akan menghasilkan kesimpulan yang menunjukkan keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah adanya upaya sekolah dalam meningkatkan karakter cinta damai dengan berbagai indikator, antara lain terciptanya sekolah dan kelas yang nyaman, tenteram, dan harmonis. Melalui upaya tersebut masih ditemukan beberapa hambatan bahwa upaya tersebut belum tercapai secara maksimal karena ada faktor lain yang mempengaruhi kondisi karakter cinta damai peserta didik.

Downloads

Published

2019-07-31

Issue

Section

Articles