Hubungan keterampilan mengajar guru mata pelajaran PPKn terhadap minat belajar peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.17989Keywords:
keterampilan mengajar, minat belajar, ppkn, guruAbstract
Pendidikan mempunyai peranan penting untuk memajukan suatu bangsa, oleh karena itu pembelajaran di sekolah harus berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan dan fungsi pendidikan nasional. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah sebagai tenaga pendidik, maka dari itu guru harus memiliki keterampilan mengajar yang inovatif dan kreatif untuk dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan mengajar guru mata pelajaran PPKn terhadap minat belajar peserta didik di SMPN 2 Kasihan Bantul. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Keberhasilan dari penelitian ini dilihat dari ada tidaknya pengaruh keterampilan mengajar guru mata pelajaran PPKn terhadap minat belajar peserta didik SMPN 2 Kasihan Bantul. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh murid kelas VIII SMPN 2 Kasihan Bantul. Sampel penelitian ini adalah sebagian murid kelas VIII A, B, C, dan D. Sampel dipilih dengan teknik probability sampling menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Instrument penelitian berjumlah 24 butir pernyataan. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis deskripsi menggunakan uji Correlation Pearson Product Moment dengan SPSS 20, hubungan keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa diperoleh hasil nilai r hitung sebesar 0,339, sedangkan r tabel pada taraf signifikasi 5% dengan N=56 (df= N-2, 56-2= 54) diperoleh hasil r tabel sebesar 0,2221. Hasil analisis tersebut diketahui nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (0,339>0,2221) maka Ha diterima dan karena nilai r hitung positif berarti hubungan juga positif, maka kesimpulannya adanya hubungan keterampilan mengajar guru PPKn terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di smp 2 kasihan Bantul.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.